Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/28452
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Rangkuti, Nuril Mahda | - |
dc.contributor.author | Tambunan, Resemina | - |
dc.date.accessioned | 2025-09-10T07:47:32Z | - |
dc.date.available | 2025-09-10T07:47:32Z | - |
dc.date.issued | 2021-10-01 | - |
dc.identifier.uri | https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/28452 | - |
dc.description.abstract | Kemacetan lalu lintas merupakan permasalahan utama di kota-kota besar di Indonesia, termasuk di Jalan M.H. Thamrin, Kota Medan. Peningkatan jumlah kendaraan yang tidak diimbangi dengan kapasitas jalan yang memadai menjadi faktor utama penyebab kemacetan. Kondisi ini berdampak pada keterlambatan perjalanan, peningkatan konsumsi bahan bakar, serta menurunnya kualitas lingkungan akibat emisi gas buang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kapasitas jalan serta tingkat kejenuhan lalu lintas guna mengevaluasi tingkat pelayanan jalan dan mencari solusi peningkatan kinerja lalu lintas. Penelitian dilakukan dengan metode survei lalu lintas yang mencakup pengukuran volume kendaraan, kecepatan arus bebas, serta hambatan samping. Analisis data menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI 2023) untuk menentukan kapasitas jalan, derajat kejenuhan, serta tingkat pelayanan. Selain itu, hubungan antara volume lalu lintas, kecepatan kendaraan, dan derajat kejenuhan dianalisis menggunakan pendekatan regresi linear untuk mendapatkan model keterkaitan antarvariabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Jalan M.H. Thamrin memiliki tingkat pelayanan D, dengan derajat kejenuhan berkisar antara 0,76 hingga 0,85 pada jam puncak. Analisis regresi menunjukkan hubungan negatif antara volume kendaraan dan kecepatan rata-rata dengan persamaan y = −0,0165x + 62,658, R2 =0,9236. Sementara itu, hubungan antara derajat kejenuhan dan kecepatan kendaraan diperoleh persamaan y = − 37,726x + 62,671, R2 = 0,9242. Berdasarkan temuan ini, strategi yang direkomendasikan mencakup pengelolaan hambatan samping, optimalisasi rekayasa lalu lintas, serta peningkatan kapasitas jalan untuk mengurangi kemacetan dan meningkatkan efisiensi mobilitas. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Medan Area | en_US |
dc.relation.ispartofseries | NPM;208110076 | - |
dc.subject | lalu lintas | en_US |
dc.subject | volume lalu lintas | en_US |
dc.subject | kemacetan | en_US |
dc.title | Pendekatan Pkji 2023 Dalam Analisis Kemacetan Dan Tingkat Pelayanan Jalan M.H. Thamrin | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | SP - Civil Engineering |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
208110076 - Resemina Tambunan - Fulltext.pdf | Fulltext | 492.48 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.