Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/28509
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSari, Warsani Purnama-
dc.contributor.authorAfrizal, Ferry-
dc.date.accessioned2025-09-11T08:22:42Z-
dc.date.available2025-09-11T08:22:42Z-
dc.date.issued2025-04-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/28509-
dc.description18 Halamanen_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Tarif Pajak, Pemahaman Pajak, dan Pengetahuan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Medan Helvetia (Studi Kasus Pasar Sei Sikambing). Penelitian ini menggunakan data primer. Jenis penelitian yang dipergunakan ialah penelitian kuantitatif yang mempunyai sifat asosiatif. Populasi yang menjadi objek penelitian adalah wajib pajak yang berada di Pasar Sei Sikambing. jumlah sampel yang diambil dalam penelitian itu adalah sebanyak 174 Berdasarkan uji parsial dinyatakan bahwa tarif pajak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dan pemahaman pajak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, dan pengetahuan pajak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak Dari tabel Uji-F didapatkan nilai Fhitung sebesar 17.913 menunjukkan bahwa signifikansi tertera 0,000. Hal ini menggambarkan variabel tarif pajak, pemahaman pajak dan pengetahuan pajak berpengaruh secara simultan terhadap kepatuhan wajib pajak, hal ini dengan mengikuti taraf signikan 0,05 dan yang terjadi di bawah 0,05 (0,000). Bila dibandingkan dengan nilai Ftabel, maka Fhitung > Ftabel, atau 17.913 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semua variabel independen (X1, X2 dan X3) berpengaruh secara simultan terhadap variabel dependen (Y). This study aims to determine the effect of tax rates, tax understanding, and tax knowledge on the compliance of MSME taxpayers in Medan Helvetia (a case study at Sei Sikambing Market). The data used in this research are primary data. The research method applied is quantitative with an associative approach. The population consists of taxpayers at Sei Sikambing Market, with a total sample of 174 respondents. The partial test results show that tax rates have a positive and significant effect on taxpayer compliance, tax understanding has a positive and significant effect on taxpayer compliance, and tax knowledge also has a positive and significant effect on taxpayer compliance. Meanwhile, the simultaneous test (F-test) indicates an F-value of 17.913 with a significance level of 0.000 < 0.05. This finding demonstrates that tax rates, tax understanding, and tax knowledge simultaneously have a significant effect on taxpayer compliance. Thus, it can be concluded that all independent variables (X1, X2, X3) influence the dependent variable (Y).en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;198330128-
dc.subjectTax Ratesen_US
dc.subjectTaxpayer Complianceen_US
dc.subjectTax Knowledgeen_US
dc.subjectTax Understandingen_US
dc.subjectPemahaman Pajaken_US
dc.subjectTarif Pajaken_US
dc.subjectPengetahuan Pajaken_US
dc.subjectKepatuhan Wajib Pajaken_US
dc.titlePengaruh Tarif Pajak, Pemahaman Pajak, dan Pengetahuan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Medan Helvetia (Studi Kasus Pasar Sei Sikambing)en_US
dc.title.alternativeThe Influence of Tax Rates, Tax Understanding, and Tax Knowledge on Taxpayer Compliance of MSMEs in Medan Helvetia (Case Study at Sei Sikambing Market)en_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SP - Accountancy

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
198330128 - Ferry Afrizal.pdfFulltext907.5 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.