Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/28977
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorRangkuti, Nuril Mahda-
dc.contributor.authorSilalahi, Oloan Ricky Mulatua-
dc.date.accessioned2025-12-09T03:52:00Z-
dc.date.available2025-12-09T03:52:00Z-
dc.date.issued2025-08-25-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/28977-
dc.description74 Halamanen_US
dc.description.abstractSalah satu yang menjadi tantangan terbesar yang dihadapi Kota Medan saat ini yaitu kemacetan lalu lintas yang sangat parah. Selain dengan tingkat kepadatan penduduk yang sangat tinggi, Kota Medan juga memiliki jumlah kendaraan yang terus meningkat setiap tahunnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kinerja lalu lintas pada ruas Jalan Marelan Raya Pasar II Kota Medan dengan metode Pedoman kapasitas jalan indonesia (PKJI 2023). Metode pengumpulan data volume lalu lintas dilakukan secara manual. Pengumpulan data ini dilakukan melalui survei lapangan yang meliputi volume lalu lintas, data geometrik jalan dan hambatan samping. berdasarkan perhitungan menggunakan metode PKJI 2023 nilai derajat kejenuhan (DJ) pada beberapa waktu mendekati atau melebihi ambang batas 0,44. Hal ini menandakan kondisi arus lalu lintas tidak stabil dan berpotensi macet. Kesimpulannya, ruas jalan Marelan Raya Pasar II memerlukan penanganan melalui pengelolaan parkir, dan peningkatan infrastruktur jalan guna meningkatkan kinerja lalu lintas dan kenyamanan pengguna jalan. One of the biggest challenges currently facing Medan is severe traffic congestion. In addition to its high population density, Medan also has a vehicle population that continues to increase annually. The purpose of this study was to determine traffic performance on Jalan Marelan Raya Pasar II, Medan City, using the Indonesian Road Capacity Guidelines (PKJI 2023) method. Traffic volume data collection was carried out manually. This data collection was carried out through field surveys covering traffic volume, road geometric data, and side obstacles. Based on calculations using the PKJI 2023 method, the degree of saturation (DJ) value at several times approached or exceeded the threshold of 0.44. This indicates unstable traffic flow conditions and the potential for congestion. In conclusion, the Marelan Raya Pasar II road section requires handling through parking management and road infrastructure improvements to improve traffic performance and road user comfort.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;218110040-
dc.subjectKinerja Lalu Lintasen_US
dc.subjectPKJI (2023)en_US
dc.subjectKemacetanen_US
dc.subjectVolume Lalu lintasen_US
dc.subjectTraffic Volumeen_US
dc.titleAnalisis Kinerja Lalu Lintas pada Ruas Jalan Marelan Raya Pasar II Kota Medanen_US
dc.title.alternativeTraffic Performance Analysis on the Marelan Raya Pasar II Road Section, Medan Cityen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Civil Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
218110040 - Oloan Ricky Mulatua Silalahi - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV1.95 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
218110040 - Oloan Ricky Mulatua Silalahi - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.32 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.