Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/3046
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorLubis, M. Chairuzar-
dc.date.accessioned2017-10-30T04:24:19Z-
dc.date.available2017-10-30T04:24:19Z-
dc.date.issued2013-09-29-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/3046-
dc.description.abstractTuntutan reformasi bergerak pada berbagai aspek mulai dari sistem pelayanan publik yang dianggap lamban dan kaku hingga aspe-aspek politik yang · terkesan terpusat pada satu partai. Salah satu tuntutan reformasi bidang pelayanan publik adalah pelayanan di bidang Pajak Kenderaan Bermotor (PKB) yang dianggap sangat lamban, kaku dan campur tangan para calo yang sangat besar yang menyebabkan biaya tinggi dalam pengurusan Pajak Kenderaan Bermotor. Kondisi ini menyebabkan wajib pajak merasa malas untuk mengurus Pajak kenderaan Bermotomya sehingga menyebabkan berkurangnya penerimaan daerah dari sektor Pajak Daerah. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah, apakah reformasi pelayanan Pajak Kenderaan Bermotor sudah diterapkan pada SAMSAT Medan Utara Kota Medan, faktor-faktor apa yang menjadi penghambat untuk melakukan reformasi pelayanan Pajak Kenderaan Bermotor. Untuk memperoleh data dilakukan melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Penelitian lapangan dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara, adapun populasi penelitian ini adalah seluruh pegawai SAMSAT sedang sampel terdiri dari personil yang dianggap mengetahui permasalahan yang sedang diteliti, sedang analisis data dilakukan melalui analisis deskriptif dengan menggambarkannya. Berdasarkan penelitian, Untuk lebih memperluas jangkauan pelayanan kepada wajib pajak, dilakukan menambah Bus SAMSAT Keliling. Disamping itujuga dilakukan perluasan tempat-tempat pelayanan pajak kenderaan bermotor pada pasar swalayan seperti yang diterapkan pada Sun Plaza selama ini. Untuk mengatasi hambatan dalam konteks reformasi pelayanan, telah dilakukan pembinaan personil agar mereka mampu melaksanakan tugas-tugas UPT/SAMSAT Medan Utara yang semakin dinamis. Kesimpulan dapat dikemukakan, UPT/SAMSAT Medan Utara telah melakukan reformasi dengan cara, membuka pelayanan PKB melalui Bus SAMSAT Keliling, membayar pajak dengan sistim online, SAMSA T Drive True, mengoperasikan SAMSA T Comer di Pusat perbelanjaan, menyederhanakan sistem pembayaran pajak dan membatasi ruang gerak calo. Pergerakan calo belum seluruhnya dapat diantisipasi sehingga masih menjadi tantangan untuk pielakukan reformasi, demikian juga dengan perluasan pelayanan baik dengan Bus SAMSAT keliling maupun SAMSAT Corner, belum seluruhnya permintaan masyarakat dapat dipenuhi.en_US
dc.language.isoenen_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.subjectReformasien_US
dc.subjectPelayanan PKBen_US
dc.titleReformasi Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) (Penelitian pada Samsat Medan Utara Kota Medan)en_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:SP - Public Administration

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
078520045_file1.pdfCover132.56 kBAdobe PDFView/Open
078520045_file2.pdfAbstract149.92 kBAdobe PDFView/Open
078520045_file3.pdfIntroduction280.54 kBAdobe PDFView/Open
078520045_file4.pdfChapter I195.34 kBAdobe PDFView/Open
078520045_file8.pdfReference160.02 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.