Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/4526
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFadhli, Zatul-
dc.date.accessioned2017-11-20T08:38:46Z-
dc.date.available2017-11-20T08:38:46Z-
dc.date.issued2007-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/4526-
dc.descriptionMasalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah tentang gambaran lmplementasi Pokok-Pokok Kebijakan dan Rencana Strategis Palang Merah Indonesia (PMI) 2004-2009 Bidang Komunikasi dan lnformasi di Palang Merah Indonesia Cabang Kabupaten Aceh Timur. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan Komunikasi dan lnformasi dalam suatu organisasi sosial dan sejauh mana lmplementasi Pokok-Pokok Kebijakan dan Rencana Strategis Palang Merah Indonesia (PMI) 2004-2009 Bidang Komunikasi dan lnformasi yang dilaksanakan oleh PMI Cabang Kabupaten Aceh Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Jadi Situasi sosial yang ditetapkan sebagai tempat penelitian adalah Organisasi Palang Merah Indonesia. Sebagai situasi sosial, pada organisasi ini (place) terdapat orang-orang (actor) yang melaksanakan (activity) sistem komunikasi dan informasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi berperan serta, wawancara, dokumentasi serta melalui teknik pengumpulan data tidak langsung dengan cara menyebarkan angket kepada responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagai salah satu komponen organisasi, komunikasi memegang peranan cukup signifikan, lebih dari sekedar pembentukan citra dan budaya namun juga memainkan fungsinya sebagai jembatan promosi dalam mendukung pengembangan kapasitas maupun sumber daya organisasi. Dalam rangka memperkenalkan atau mempromosikan eksistensi organisasi PMI dan nilai-nilai kemanusiaannya, PMI memerlukan suatu pendekatan komunikasi yang komprehensif dan inovatif. Hal ini sejalan dengan tuntutan kemajuan teknologi informasi global dan kehadiran lembaga lembaga swadaya masyarakat yang secara kompetitif menjadi suatu tantangan tersendiri bagi PMI. Pendekatan strategi program komunikasi perlu dikelola secara profesional untuk mewujudkan paradigma baru PMI - organisasi kemanusiaan yang unggul di bidangnya. Selain itu kegiatan sosialisasi gerakan kepalangmerahan belum dapat dilaksanakan secara terprogram dan meluas dalam lingkungan masyarakat. Kegiatannya baru bersifat insidentil pada acara-acara tertentu. Untuk itu PMI Aceh Timur perlu memasyarakatkan gerakan Palang Merah di wilayahnya dalam rangka menarik simpati dan menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap PMI antara lain melalui pemanfaatan peran dan fungsi komunikasi, informasi dan edukasi.en_US
dc.language.isoenen_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.subjectimplementasi kebijakanen_US
dc.subjectrencana strategisen_US
dc.subjectbidang komunikasi dan informasien_US
dc.titleImplementasi Pokok-Pokok Kebijakan dan Rencana Strategis Palang Merah Indonesia 2004-2009 Bidang Komunikasi dan Informasi di Palang Merah Indonesia Cabang Kabupaten Aceh Timuren_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Communication Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
048500029_File1.pdfCover453.23 kBAdobe PDFView/Open
048500029_File2.pdfAbstract562.08 kBAdobe PDFView/Open
048500029_File3.pdfIntroduction763.71 kBAdobe PDFView/Open
048500029_File4.pdfChapter I518.59 kBAdobe PDFView/Open
048500029_File8.pdfReference940.35 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.