Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/4768
Title: Tayangan Iklan dan Minat Beli (Studi Korelasional antara Penayangan Iklan Susu L-Men di Televisi dengan Minat Beli Pria di Kelurahan Tanjung Rejo Kecamatan Medan Sunggal Kota Medan)
Authors: Siagian, Roy Madhan
Keywords: tayangan iklan televisi;minat beli pria
Issue Date: 15-Jul-2008
Publisher: Universitas Medan Area
Description: Peneliltian ini berjudul "Tayangan lklan dan Minat Beli" (Studi Korelasional antara Penayangan lklan Susu L-Men di Televisi dengan Minat Beli Pria di Kelurahan Tanjung Rejo Kecamatan Medan Sunggal Kota Medan). Penelitian ini dilakukan untuk melihat hubungan antara Tayangan Iklan Susu L-Men dengan Minat Beli Pria di Kelurahan Tanjung Rejo. Adapun teori - teori yang dianggap relevan dalam penelitian ini adalah komunikasi dan komunikasi massa, televisi, iklan, minat beli dan teori AIDDA. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah pria di Kelurahan Tanjung Rejo sebanyak 99 orang dari 7.997 orang. Untuk pengambilan sampel dilakukan pembatasan usia dari 17 sampai 40 tahun dengan menggunakan rumus Taro Yamane. Untuk teknik penarikan sampel, penelltian ini menggunakan Purposive Sampling dan Accidental Sampling. Selain melalui buku dan internet, pengumpulan data juga dilakukan dengan cara wawancara yaitu memberikan 22 pertanyaan kepada responden. Analisa data yang dilakukan dalam penelitian ini dalam bentuk tabel tunggal dan tabel silang, sedangkan untuk uji hipotesis dilakukan dengan rumus Rank Spearman atau Spearman Rho Koefisien dan tes signifikansi dengan t test. Hipotesa yang ditujukan pada penelitian ini adalah sebagai berikut: Ho tidak terdapat hubungan antara penayangan iklan susu L-Men di Televisi dengan minat beli pria di Kelurahan Tanjung Rejo Medan. Ha terdapat hubungan antara penayangan iklan susu L-Men di Televisi dengan minat beli pria di Kelurahan Tanjung Rejo Medan. Dari hasil analisa diperoleh hasil korelasi Rank Spearman sebesar 0,97. selanjutnya merujuk pada kuat lemahnya hubungan berdasarkan skala Guilford, maka hasil pengujian hipotesis Rank Spearman (Rs) menggambarkan hubungan yang kuat sekali, sangat tinggi sekali yang dapat diandalkan antara Iklan susu L-Men dengan Minat Beli Pria di Kelurahan Tanjung Rejo. Hal ini sekaligus membuktikan balwa Hipotesis Ha yaitu ada hubungan antara iklan susu L-Men di televisi dengan Minat Beli Pria di Kelurahan Tanjung Rejo Kecamatan Medan Sunggal Kota Medan dapat diterima.
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/4768
Appears in Collections:SP - Communication Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
028500020_File1.pdfCover379.62 kBAdobe PDFView/Open
028500020_File2.pdfAbstract493.47 kBAdobe PDFView/Open
028500020_File3.pdfIntroduction930.36 kBAdobe PDFView/Open
028500020_File4.pdfChapter I592.26 kBAdobe PDFView/Open
028500020_File8.pdfReference988.3 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.