Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/5584
Title: Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Terhadap Penagihan Piutang pada PT. PP London Sumatera Indonesia, Tbk Medan
Authors: Maulina, Sari
Keywords: Sistem Informasi Akuntansi;PT. PP London Sumatera Indonesia, Tbk
Issue Date: 2010
Publisher: Universitas Medan Area
Abstract: PT. PP London Sumatera Indonesia Tbk. Medan adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan. Dari analisis yang dilakukan dapat diketahui bahwa PT. PP London sumatera Indonesia Tbk, Medan telah melakukan penerapan sistem informasi akuntansi. Secara umum suatu sistem informasi akuntansi rnempunyai fungsi membual perusabaan beroperasi secara Lebih cepat dan mudah karcna sistcm ini memberikan informasi yang sangar diperlukan dalam rangka pengambilan keputusan. Sebelum informasi dilakukan oleh sistem informasi akuntansi. data - data yang berkaitan dengan aktifitas perusahaan dikumpulkan terlebih dahulu. Dalam sistem informasi akuntansi ini ada beberapa tahap kegiatan yang harus di lakukan an tara lain mengetahui dan menandai transaksi akuntansi serta mengurnpulkan semua data yang relevan, melaksanakan pengawasan prosedur, mencatat transaksi pada jurnal. memposting semua ttransaksi jumal kebuku besar pembantu serta menyiapkan laporan keuangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan sistem informasi akuntansi pada transaksi penjualan dan mengetahui serta membandinogkan teori -teori yang diterima diperl-:uliahan dengan prakteknya dilapangan. Penelitian ini menggunakan data sekunder, sedangkan teknik analisis data yang diggunakan untuk menganakisa data yang diperoleh adalah deskriptif komparatif. PT. PP London Sumatera Indonesia Tbk, Medan sudah melaksanakan aktifitas pengendalian intern sistem informasi akuntansi penjualan. tetapi belum dilaksanakan sepenuhnya oleh perusahaan. Dengan adanya struktur organisasi yang memisahkan tanggunng jawab fungsional secaa tegas seperti fungsi penjualan harus terpisah dari fungsi penerimaan kas dari fungsi pencatatan dan sebagainya. Selain itu sitem wewenang dan prosedur pencatatan yang memberikan perlindungan yang cukup terhadap kekayaan, hutang piutang, pendapatan, yang dilaksanakan perusahaan seperti harus adanya otorisasi oleh kepala bagian pemasaran. DO ( Delivery Order ) adalah media yang digunakan untuk menekan penggunaan wewenang untuk memberikan otorisasi terlaksananya transaksi dalam perusahaan. DO yang dipakai sebagai dokumen dasar pencatatan transaksi.
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/5584
Appears in Collections:SP - Accountancy

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
068330024_file1.pdfCover161.33 kBAdobe PDFView/Open
068330024_file2.pdfAbstract216.71 kBAdobe PDFView/Open
068330024_file3.pdfIntroduction380.21 kBAdobe PDFView/Open
068330024_file4.pdfChapter I240.94 kBAdobe PDFView/Open
068330024_file8.pdfReference153.44 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.