Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/6961
Title: Strategi Promosi untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah Tabungan pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang
Authors: Sinulingga, Erjani Veronika Br
metadata.dc.contributor.advisor: Hasan, Drs. H. A. Azis MM
Mulia U, Amrin SE, MM
Keywords: strategi promosi;jumlah nasabah tabungan
Issue Date: 13-Dec-2007
Publisher: Universitas Medan Area
Description: Adapun permasalahan yang menjadi pokok batasan dalam tulisan ini, berdasarkan penelitian pendahuluan yang telah dilakukan, masalah yang dapat dikemukakan sehubungan dengan promosi yang dijalankan, yaitu jumlah nasabah tabungan tidak tercapai, sebagai akibat kurangnya promosi yang dilakukan perusahaan. Dari analisis dan evaluasi yang telah dilakukan, penulis berkesimpulan bahwa: 1. PT. Bank Perkreditan Rakyat Tanjung Morawa Kab. Deli Serdang adalah perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang usaha perbankan yang secara khusus memfokuskan usahanya pada penjualan produk/ jasa kredit. 2. Peranan pemasaran sangat penting sekali di tinjau dari sudut produsen dan konsumen karena produk/ jasa hanya akan sampai ke konsumen melalui kegiatan pemasaran. Strategi pemasaran yang diterapkan oleh PT. Bank Perkreditan Rakyat Tanjung Morawa Kab. Deli Serdang sudah cukup baik. 3. Strategi promosi yang diterapkan PT. Bank Perkreditan Rakyat Tanjung Morawa Kab. Deli Serdang meliputi kombinasi promotional mix dalam usahanya untuk dapat mempengaruhi dan membujuk nasabah melalui iklan lokal dan personal selling. 4. PT. Bank Perkreditan Rakyat Tanjung Morawa Kab. Deli Serdang dalam menetapkan pasar sasaran sudah cukup baik, karena telah mencakup dan memasuki semua golongan pasar yang ada. 5. Perkembangan volume penyaluran kredit PT. Bank Perkreditan Rakyat Tanjung Morawa Kab. Deli Serdang memang terdapat fluktuasi dari target yang di tentukan, dimana setiap tahunnya perusahaan tidak pemah dapat mencapai 100% target penyaluran kredit yang telah ditetapkan. Hal ini dikarenakan pemasaran jasa perbankan khususnya BPR menghadapi persaingan tajam dari perusahaan perbankan lainnya. 6. Aspek produk, dalam hal ini PT. Bank Perkreditan Rakyat Tanjung Morawa Kab. Deli Serdang telah menetapkan segala sesuatu yang cukup baik, karena dari aspek ini telah terpenuhi unsur manfaat, jangka waktu kontrak, pelayanan dan keuntungan yang diperoleh dari menggunakan produk/ jasa perusahaan. 7. Realisasi nasabah PT. Bank Perkreditan Rakyat Tanjung Morawa Kab. Deli Serdang: a. Tahun 2002 realisasi sebesar 87.03%. b. Tahun 2003 realisasi sebesar 80.11%, artinya realisasi turun sebesar 6.92% jika dibandingkan dengan tahun 2002. c. Tahun 2004 realisasi sebesar 84,22%, artinya realisasi naik 4,11 % jika dibandingkan dengan tahun 2003. d. Tahun 2005 realisasi scbesar 71.03%, artinya realisasi turun 13.19% jika dibandingkan tahun 2004. e. Tahun 2006 realisasi sebesar 80,51%, artinya realisasi naik 9.48% jika dibandingkan tahun 2005.
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/6961
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
038320118.pdfFulltext937.89 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.