Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/6980
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSiregar, Ali Usman-
dc.contributor.authorGurusinga, Rorin-
dc.date.accessioned2017-12-30T04:09:19Z-
dc.date.available2017-12-30T04:09:19Z-
dc.date.issued2014-
dc.identifier.urihttp://repository.uma.ac.id/handle/123456789/6980-
dc.description.abstractPengukuran kinerja di RSUD Deli Serdang selama ini hanya menggunakan tradisional, yaitu membandingkan target yang telah ditetapkan dengan realisasi pendapatan yang diterima oleh rumah sakit, serta ukuran jasa standar nasional pelayanan rumah sakit. Pengukuran tersebut dirasa kurang memadai karena hanya menggunakan standar umum penilaian dan meninjau dari perspektif keuangan melalui peodapatan. Untuk itulah diperlukan adanya pengukuran kinerja dengan menggnnakan Balance Scorecard, dimana alat pengukuran ini juga mengandung aspek yang ditinjau dari perspektif pelanggan dan nantinya setelah aspek non finansial perspektif pelanggan tersebut dapat membuat pengukuran kinerja di RSUD Deli Serdang Penelian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti nyata tentang penerapan perspektif pelanggan balanced scorecard sebagai tolak ukur penilaian kinetja pada RSUD Deli Serdang telah efektif. Jenis penelitian yang peneliti lakukan adalah melalui penelitian deskriptif. Data yang digunakan peneliti dalam melakukan penelitian adalah data kuantitatif. sedangkan sumber data yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi, sedangkan unLUk menganalisis data yang telah terkumpul dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang peneliti lakukan maka kesimpulannya bahwa penerapan Perspektif Pelanggan di RSU Deli Serdang Lubuk Pakam termasuk dalam kategori sangat baik. Selanjutnya juga disimpulkan bahwa kinerja RSUD Deli Serdang Lubuk Pakam termasuk dalam kategori sangat baik. Penelitian juga menyimpulkan RSUD Deli Serdang Lubuk Pakam mampu untuk mempertahankan jumlah pasien yang pemah dicapainya. Selain itu terlihat bahwa RSUD Deli Serdang Lubuk Pakam penerapan akuisis pelanggan mampu unLUk meningkatkan jumlah pasien.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.subjectBalanced Scorecarden_US
dc.titlePenerapan Perspektif Pelanggan Balance Scorecard sebagai Tolak Ukur Penilaian Kinerja pada RSUD Deli Serdang Lubuk Pakamen_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US
Appears in Collections:SP - Accountancy

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
098330183.pdfFulltext882.34 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.