Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/7027
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorKariono-
dc.contributor.advisorMiftahuddin-
dc.contributor.authorBahri, Sjamsul-
dc.date.accessioned2018-01-03T02:44:50Z-
dc.date.available2018-01-03T02:44:50Z-
dc.date.issued2006-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/7027-
dc.descriptionUntuk dapat membentuk sosok PNS seperti tersebut di atas, perlu Pelatihan (Diktat) yang mengarah kepada upaya peningkatkan, sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada kepentingan masyarakat, bangsa, negara, dan tanah air; kompetensi teknis, manajerial, dan atau kepemimpinannya dan efisiensi, efektifitas, dan kualitas pelaksanaan tugas yang dilakukan dengan semangat kerjasama dan tanggung jawab sesuai dengan lingkungan kerja organisasinya. Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2000 tentang Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Pegawai Negeri Sipil, antara lain ditetapkan jenis-jenis Diklat PNS. Salah satu jenis Diklat diperlukan dalam pembentukan kompetensi PNS untuk jabatan struktural eselon III adalah Diklatpim Tingkat Ill. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Program Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III mampu memberikan kontribusi terhadap peningkatan kemampuan administrasi Pejabat Eselon III di lingkungan Pemerintah Propinsi Sumatera Utara. Pengambilan sampel melalui teknik acak stratifikasi secara proporsional (proportionate stratified random sampling), sebanyak 82 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III meliputi: isi materi pelajaran, kualifikasi tenaga pengajar, ketepatan teknik dan metode pengajaran, fasilitas diklat dan kualifikasi peserta secaa bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 69,2 persen terahadap peningkatan kemampuan administrasi para pejabat eselon III di lingkungan Pemerintah Propinsi Sumatera Utara. Faktor-Faktor lain di luar variabel Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat Ill yang tidak diukur dan tidak diteliti dalam penelitian ini memberikan kontribusi sebesar 30,8 persen terhadap peningkatan kemampuan administrasi. Faktor luar yang ikut menentukan tersebut antara lain faktor usia atau umur, tingkat pendidikan, masa kerja atau pengalaman kerja, minat, situasi kerja termasuk di dalamnya kerjasama atau hubungan antara bawahan dengan atasan, kondisi dan situasi kerja, sikap orang terhadap pekerjaan, pangkat/jabatan, kualitas pengawasan dan lain-lain.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.subjectprogram pendidikanen_US
dc.subjectprogram pelatihanen_US
dc.subjectkemampuan administrasi pnsen_US
dc.titlePengaruh Program Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Kemampuan Administrasi Pegawai Negeri Sipil (PNS) (Studi pada Pelaksanaan DIKLATPIM III bagi Pejabat Eselon III di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara)en_US
dc.typeTesis Magisteren_US
Appears in Collections:MT - Master of Public Administration

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
041801025.pdfFulltext3.61 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.