Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/7424
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorWarjio-
dc.contributor.advisorUsman, Done Ali-
dc.contributor.authorZebua, Emanuel-
dc.date.accessioned2018-01-15T04:11:01Z-
dc.date.available2018-01-15T04:11:01Z-
dc.date.issued2013-05-24-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/7424-
dc.descriptionSekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah adalah unsur staf yang membantu pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dalam menyelenggarakan tugas dan kewajibannya, dipimpin oleh seorang Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah mempunyai tugas melaksanakan segala usaha dan kegiatan dalam rangka penyelenggaraan rapat-rapat, pengurusan rumah tangga dan keuangan serta penanganan informasi dan protokoler Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Aparatur birokrasi Pemerintah di Sekretariat DPRD Kabupaten Nias Utara, dalam rangka meningkatkan efektivitas organisasi DPRD masih ditemukan berbagai persoalan sehubungan praktek-praktek pelayanan publik yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah, antara lain: masih terdapat pegawai yang sama sekali tidak menaruh perhatian terhadap orang yang membutuhkan pelayanan dan belum adanya usaha yang serius dari birokrasi sebagai unit pelayanan publik untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pelaksanaan tugas pada Sekretariat DPRD Kabupaten Nias Utara dan menganlisis faktor-faktor yang mempengaruhi Efektivitas Pelaksanaan Tugas pada Skretariat DPRD Kabupaten Nias Utara. Sampel diambil secara proporsional random sampling sebanyak 32 orang. Analisis data dilakukan secara desktiftif dengan tabel tunggal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektivitas Pelaksanaan tugas pada Sekretariat DPRD Kabupaten Nias Utara yang dilihat dari aspek kesiagaan, semangat kerja, kepuasan kerja, motivasi kerja, beban pekerjaan yang sesuai dan penyelesaian tugas tepat pada waktunya secara umum telah berjalan efektif, artinya para pegawai telah dapat melaksanakan tugas sesuai dengan tugas dan fungsinya. Dari keenam aspek dalam mengukur efektivitas pelaksanakan tugas tersebut, terdapat dua aspek yang dirasa masih belum efektif, yaitu aspek penyesuian beban kerja yang belum optimal dan adanya ketidaktepatan waktu dalam penyelesaian pekerjaan di sekretariat DPRD Sumatera Utara. Faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pelaksanakan tugas pegawai pada sekretariat DPRD Sumatera Utara adalah secara internal adalah aspek kompetensi dan motivasi kerja pegawai sedangkan secara eksternal adalah aspek lingkungan kerja budaya kerja. Untuk lebih meningkatakan efektivitas pelaksanaan tugas pegawai pada Sekretariat DPRD Kabupaten Nias Utara, maka perlu dilakukan peningkatan kompetensi pegawai melaui pendidikan dan pelatihan yang sesuai dengan bidang tugasnya dan menciptakan lingkungan kerja dan budaya kerja yang berorientasi pada kepuasan masyarakat secara umum yang dilayani, khususnya anggota DPRD Sumatera Utara.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.subjectefektivitas kerjaen_US
dc.subjectsekretariat dprden_US
dc.titleAnalisis Efektivitas Pelaksanaan Tugas pada Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Nias Utaraen_US
dc.typeTesis Magisteren_US
Appears in Collections:MT - Master of Public Administration

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
111801092.pdfFulltext2.71 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.