Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/7518
Title: | Model Penerapan Hukuman Sekolah dalam Memperbaiki Perilaku Siswa Bermasalah (Studi Kasus Model Penjara Sekolah di Yayasan Pendidikan Mulia Medan) |
Authors: | Nasution, Khairtati Purnama |
metadata.dc.contributor.advisor: | J.R, Zainuddin Muni, Abdul |
Keywords: | penjara sekolah;kepatuhan;prestasi |
Issue Date: | 1-Apr-2009 |
Publisher: | Universitas Medan Area |
Description: | Meningkatnya jumlah siswa yang bermasalah dalam konteks sekolahan adalah siswa yang melakukan pelanggaran terhadap peraturan tata tertib sekolah menjadi pemicu bagi Yayasan Pendidikan Mulia Medan untuk membentuk penghukuman bagi siswa bermasalah disekolahnya dengan memberlakukan "penjara sekolah" dan menarik penulis untuk membahasnya dalam penelitian ini. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah apakah model penerapan hukuman penjara sekolah dapat memperbaiki atau membina siswa bermaslaah yang tidak patuh terhadap peraturan sekolah di Yayasan Pendidikan Mulia Medan. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dengan melalui penelusuran berbagai referensi maupun dokumen yang relevan dengan judul penelitian selanjutnya dianalisa secara kualitatif. Hasil yang didapat pada umumnya siswa menunjukkan perubahan perilaku ke arah yang lebih baik terbukti dari menurunnya jumlah siswa bermasalah dari 443 orang siswa pada Tahun Ajaran 2007-2008 menjadi 46 orang siswa pada Tahun Ajaran 2008-2009. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah model penerapan hukuman penjara sekolah di Yayasan Pendidikan Mulia Medan memberikan konstribusi dalam memperbaiki perilaku siswa bermasalah dan disarankan kepada institusi pendidikan yang lain untuk menerapkan model penjara sekolah bagi siswa bermasalah sebagai bentuk hukuman alternatif terakhir di institusinya masing-masing dengan memperhatikan aspek-aspek psikologis, keamanan dan kesehatan. |
URI: | https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/7518 |
Appears in Collections: | MT - Master of Psychology |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
071804005.pdf | Fulltext | 4.56 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.