Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/757
Title: Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Helvetia Medan
Authors: Lubis, Rizki Siti Zaitun
Keywords: kualitas pelayanan;kepuasan pelayanan
Issue Date: Apr-2016
Publisher: Universitas Medan Area
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Helvetia Medan.Jenis penelitian ini adalah asosiatif yaitu suatu penelitian yang bersifat menanyakan hubungan antara dua variabel Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Helvetia Medan yang berjumlah 300 orang . Dan dengan menggunakan rumus slovin, maka jumlah sampel diambil berjumlah 75 orang, yaitu seluruh pelanggan PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Helvetia Medan. Berdasarkan hasil uji t dapat dilihat bahwa t hitung pada variabel kualitas peyanan 11.368 lebih besar dari t tabel sebesar 1,66 dengan probabilitas t yakni sig 0,000 lebih kecil dari batasan signifikansi sebesar 0,005. Berdasarkan nilai tersebut maka variabel kualitas pelayanani berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan Dan nilai t hitung lokasi sebesar 0.027 lebih besar dari t tabel sebesar 1,66 dengan tingkat sig 0,979 lebih besarl dari batasan signifikansi sebesar 0,005, maka variabel lokasi secara parsial mempunyai pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil uji F maka diperoleh nilai Fhitung sebesar 334.015 lebih besar dari Ftabel sebesar 3,119 dengan sig 0,000<α0,05, menunjukan Ho ditolak dan Ha diterima, berarti motivasi dan lokasi secara serempak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan .nilai R Square yang diperoleh sebesar 0.903. Untuk melihat besar pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat dengan cara menghitung koefisien determinasi (KD) = R2 x 100%, sehingga diperoleh KD = 90,3%. Angka tersebut menunjukkan bahwa sebesar 90,3% kepuasan pelanggan (variabel terikat) dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan dan lokasi. Sisanya sebesar 9,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
URI: http://hdl.handle.net/123456789/757
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
128320045_file1.pdfCover65.66 kBAdobe PDFView/Open
128320045_file2.pdfAbstract116.24 kBAdobe PDFView/Open
128320045_file3.pdfIntroduction130.36 kBAdobe PDFView/Open
128320045_file4.pdfChapter I95.32 kBAdobe PDFView/Open
128320045_file5.pdfChapter II155.29 kBAdobe PDFView/Open
128320045_file6.pdfChapter III199.93 kBAdobe PDFView/Open
128320045_file8.pdfReference434.6 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.