Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/8953
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorPurba, Annawati Dewi-
dc.contributor.advisorSiregar, Nurmaida Irawani-
dc.contributor.authorSinaga, Patrecia Poliharnita-
dc.date.accessioned2018-07-09T02:36:21Z-
dc.date.available2018-07-09T02:36:21Z-
dc.date.issued2013-09-
dc.identifier.urihttp://repository.uma.ac.id/handle/123456789/8953-
dc.descriptionSalah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar adalah lingkungan sosial siswa yang mencakup hubungan interaksi antara guru dan siswa itu didalam lingkungan sekolah. Siswa yang mau mengadakan interaksi sosial, akan lebih mudah dalam mendapatkan informasi dan lebih dikenal serta disenangi banyak orang sehingga siswa tersebut lebih mudah meraih prestasi belajar seperti yang diinginkan (Syah, 2004). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara interaksi sosial guru dan siswa dengan prestasi belajar pada siswa kelas X dan XI SMK Sinar Husni. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswa kelas X dan XI dengan jumlah 380 orang sedangkan sampel dalam penelitian dengan jumlah 108 orang. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Bentuk skala dalam penelitian ini menggunakan skala likert dengan koefisien reliabilitas interaksi sosial guru dan siswa sebesar 0.909. Analisa data menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan hasil perhitungan analisis data menggunakan product moment diperoleh koefisien hubungan sebesar 0.427, p=0.000 (p < 0.010) artinya ada hubungan yang signifikan antara interaksi sosial guru dan siswa dengan prestasi belajar. Interaksi sosial guru dan siswa menyumbang atau mempengaruhi prestasi belajar sebesar 18.3%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa interaks1 sosial guru dan siswa tergolong tinggi dibuktikan melalui tiga aspek yaitu komunikasi, sikap, tingkah laku kelompok dan norma sosial.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.subjectinteraksi sosial guru dan siswa (x), prestasi belajar (y)en_US
dc.titleHubungan Antara Interaksi Sosial Guru dan Siswa dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas X dan XI SMK Sinar Husni Medanen_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
098600052_Patrecia Poliharnita Sinaga.pdfFulltext6.81 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.