Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/8958
Title: Hubungan Interaksi Sosial dengan Harga Diri Pada Siswa di SMA ST. Thomas 1 Medan
Authors: Nainggolan, Christin Yusnita
metadata.dc.contributor.advisor: Lubis, Rahmi
Siregar, Farida Hanum
Keywords: interaksi sosial, harga diri
Issue Date: Oct-2012
Publisher: Universitas Medan Area
Description: Pada dasarnya penelitian ini bertujuan melihat hubungan interaksi sosial dengan harga diri. Sebagai subjek penelitian ini adalah siswa/i SMA St.Thomas I Medan. Berdasarkan penjabaran dalam bab landasan teori, maka diajukan hipotesis penelitian : Terdapat hubungan yang positif antara interaksi sosial dengan harga diri pada remaja dengan asumsi semakin tinggi kemampuan interaksi sosial seseorang maka harga dirinya semakin tinggi, dan sebaliknya semakin rendah kemampuan interaksi sosial seseorang maka semakin rendah pula harga dirinya dan ada perbedaan harga diri antara laki-laki dan perempuan dengan asumsi laki-laki memiliki harga diri yang tinggi dibandingkan perempuan. Berdasarkan analisis data yang menggunakan Korelasi Product Moment, dimana ang menjadi variabel bebas (X) adalah interaksi sosial dan yang menjadi variabel terikat (Y) adalah harga diri, diperoleh basil sebagai berikut: 1) . Terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara interaksi sosial dengan harga diri artinya semakin tinggi kemampuan interaksi sosial seseorang maka harga dirinya semakin tinggi, dan sebaliknya semakin rendah keman1puan interaksi sosial seorang maka semakin rendah pula harga dirinya. Hasil ini dibuktikan dengan korelasi rxy = 0.576 ; sig < 0.010. Dengan demikian maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dinyatakan diterima. 2). Interaksi sosial memberikan ngaruh sebesar 32.6% terhadap harga diri. Diketahui masih terdapat sebanyak 67.4% pengaruh dari faktor lain yang mempengaruhi harga diri, dimana faktor faktor lain tersebut antara lain faktor dari lingkungan individu itu sendiri, status sosial ekonomi, prestasi, teman sebaya, sekolah, pengalaman, dan citra diri. 3).Ter dapat perbedaan harga diri antara siswa laki-laki dengan siswa perempuan, dimana siswa laki-laki memiliki harga diri lebih tinggi dibandingkan dengan dengan perempuan. Ini dapat dilihat dengan membandingkan nilai mean empirik harga diri pada siswa laki-laki sebesar 143.703 dan perempuan sebesar 138.048. terbukti dengan lebih besarnya nilai mean empirik harga diri pada laki-laki, maka dapat dikatakan bahwa siswa laki-laki memiliki harga diri lebih tinggi dibanding siswa perempuan.
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/8958
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
078600151_Christin Yunita Nainggolan.pdfFulltext5.01 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.