Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/9105
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorIstiana-
dc.contributor.advisorHanum, Farida-
dc.contributor.authorSaraswati, Niken-
dc.date.accessioned2018-07-30T09:42:21Z-
dc.date.available2018-07-30T09:42:21Z-
dc.date.issued2013-04-19-
dc.identifier.urihttp://repository.uma.ac.id/handle/123456789/9105-
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara kecerdasan emosi dan self efficacy dengan kreativitas pada siswa di sekolah SMA Dharmawangsa Medan, dimana jumlah siswa yang digunakan sebanyak 73 orang siswa. Kreativitas yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah kreativitas verbal dan kreativitas figural. Kedua jenis kreativitas ini diungkap dengan alat tes kreativitas. Sedangkan variabel kecerdasan emosi dan self efficacy dalam penelitian ini diungkap dengan menggunakan skala. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini berbunyi: ada hubungan antara kecerdasan emosi dan self efficacy dengan kreativitas siswa. Semakin tinggi kecerdasan emosi dan self efficacy maka akan semakin tinggi kreativitas siswa, begitu juga sebaliknya semakin rendah kecerdasan emosi dan self efficacy maka akan semakin rendah pula kreativitas yang dimilki siswa. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi dua prediktor, dimana berdasarkan analisis diperoleh hasil-hasil sebagai berikut: 1) Terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara kecerdsasan emosi dan self efficacy dengan kreativitas verbal. Hasil ini dibuktikan dengan koefisien F reg = 19,576 ; p < 0,010. Demikian pula terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara kecerdasan emosi dan self efficacy dengan kreativitas figural. Hasil ini dibuktikan dengan koefisien F reg = 6,469 ; p < 0,010. 2). Bahwa kecerdasan emosi dan self efficacy memberikan pengaruh atas terbentuknya kreativitas verbal sebesar 35,9%. Dari hasil ini, maka dapat diketahui bahwa masih terdapat 64, 1 % dari faktor yang mempengaruhi kreativitas yang tidak diungkap dari penelitian ini. 3) Bahwa kecerdasan emosi dan self efficacy memberikan pengaruh atas terbentuknya kreativitas figural sebesar 16.0%. Dari hasil ini, maka dapat diketahui bahwa masih terdapat 84,0% pengaruh dari variabel lain terhadap kreativitas figural. Bahwa kecerdasan emosi para siswa tergolong cenderung tinggi, sebab nilai rata-rata empirik lebih besar daripada nilai rata-rata hipotetik, namun selisihnya tidak melebibi bilangan SD. Kemudian dari hasil penelitian ini dapat dinyatakan bahwa self efficacy para siswa tergolong tinggi, sebab nilai rata-rata empirik lebih besar daripada nilai rata-rata hipotetik dan selisih nilai rata-rnta empirik dan hipotetik tersebut melebihi bilangan SD.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.subjectkecerdasan emosien_US
dc.subjectself efficacyen_US
dc.subjectkretaivitasen_US
dc.titleHubungan antara Kecerdasan Emosi dan Self Efficacy dengan Kreativitas pada Siswa di Sekolah SMA Dharmawangsa Medanen_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
088600116.pdfFulltext9.39 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.