Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/9265
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorLubis, Marwan-
dc.contributor.advisorLubis, Kamaluddin-
dc.contributor.authorHasibuan, Dede Sahbana-
dc.date.accessioned2018-09-13T02:31:01Z-
dc.date.available2018-09-13T02:31:01Z-
dc.date.issued2018-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/9265-
dc.descriptionMenganalisa kondisi struktur perkerasan jalan sangat diperlukan sebelum dilakukannya perawatan dan perbaikan. Dua metode yang dapat digunakan dalam melakukan penilaian kondisi jalan adalah metode Bina Marga dan metode PCI (Pavement Condition Index). Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan nilai kondisi ruas jalan Sisingamangaraja berdasarkan kedua metode tersebut. Metode yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan data primer berupa hasil survey kerusakan jalan. Urutan prioritas penanganan jalan dengan metode Bina Marga didasarkan pada rentang 0 sampai lebih dari 7, sedangkan metode PCI merangkingkan kondisi perkerasan dari nilai 0 hingga 100. Hasil analisa kondisi ruas jalan Sisingamangaraja dengan metode Bina Marga dan metode PCI menghasilkan penilaian yang berbeda, yaitu kondisi ruas jalan tersebut masih dalam kondisi baik menurut metode PCI, sedangkan menurut metode Bina Marga jalan tersebut perlu dimasukkan ke dalam program peningkatan.en_US
dc.description.abstractAnalyzing the condition of pavement structures is necessary before maintenance and repair. Two methods that can be used in assessing road conditions are the DGH method and the PCI (Pavement Condition Index) method. This study aims to compare the value of Sisingamangaraja road condition based on the two methods. The method used is field research with primary data in the form of road damage survey. The order of priority of road handling by DGH method is based on range 0 to more than 7, whereas PCI method of paved the condition of pavement from 0 to 100. The result of Sisingamangaraja road condition analysis with Bina Marga method and PCI method resulted in different assessment, the road is still in good condition according to PCI method, whereas according to the DGH method the road needs to be incorporated into the improvement program.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.subjectpenilaian kondisi jalanen_US
dc.subjectbina margaen_US
dc.subjectpcien_US
dc.subjectassessment of road conditionsen_US
dc.subjectpavement condition indexen_US
dc.titleAnalisa Kerusakan pada Lapisan Jalan Perkerasan Rigid dengan Metode Bina Marga dan Metode PCI (Pavement Condition Index)en_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US
Appears in Collections:SP - Civil Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Dede Sahbana Hasibuan - fulltext.pdfFulltext767.81 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.