Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/9297
Title: Pengaruh Lokasi dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen pada Qalbu Salim (QS) Futsal Medan
Authors: Wijaya, Wibi Aditya
metadata.dc.contributor.advisor: Nasution, Amrin Mulia
Lubis, Adelina
Keywords: lokasi;fasilitas;kepuasan konsumen;location;facilities;costumer satisfaction
Issue Date: 2018
Publisher: Universitas Medan Area
Abstract: This study aims to determine "What Location and Facilities Against Customer Satisfaction At Qalbu Salim (QS) Futsal Medan". This type of research is associative is a research that is asking the relationship between two variables. The population in this study is all consumers as many as 300 consumers. And by using the slovin formula technique, then the number of samples in this study as many as 75 respondents taken from some population. Based on t test results can be seen that t arithmetic on the location variable of 5.168 is greater than t table of 1665 with the probability t sig 0.001 is smaller than the limit of significance of 0.05. Based on these values, the location variables have a positive and significant effect on the variable of customer satisfaction. At facility variable equal to 4,087 bigger than t table equal to 1,665 with probability t sig 0,009 smaller than limit of significance equal to 0,05, hence facility variable partially have positive and significant influence to variable of consumer satisfaction. Based on F test result, it is obtained F count value of 56.969 > 3.12 with sig 0,000 < 0,05, shows Ho rejected and Ha accepted, means location and facility simultaneously have positive and significant effect to consumer satisfaction variable. R Square value obtained for 0.602. To see the great influence of independent variables on dependent variable by calculating the coefficient of determination (KD) = R2 x 100%, so obtained KD = 60.2%. This figure shows that 60.2% of customer satisfaction (dependent variable) can be explained by location and facility. The balance of 39.8,% is influenced by other factors not described in this study.
Description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Apakah Lokasi dan Fasilitas Terhadap Kepuasan konsumen Pada Qalbu Salim (QS) Futsal Medan”. Jenis penelitian ini adalah asosiatif yaitu suatu penelitian yang bersifat menanyakan hubungan antara dua variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen sebanyak 300 konsumen. Dan dengan menggunakan teknik rumus slovin, maka jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 75 responden diambil dari sebagian populasi. Berdasarkan hasil uji t dapat dilihat bahwa t hitung pada variabel lokasi sebesar5.168 lebih besar dari t tabel sebesar 1.665 dengan probabilitas t yakni sig 0,001 lebih kecil dari batasan signifikansi sebesar 0,05. Berdasarkan nilai tersebut maka variabel lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen. Pada variabel fasilitas sebesar 4.087 lebih besar dari t tabel sebesar 1.665 dengan probabilitas t yakni sig 0,009 lebih kecil dari batasan signifikansi sebesar 0,05, maka variabel fasilitas secara parsial mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil uji F maka diperoleh nilai F hitung sebesar 56.969 > 3.12 dengan sig 0,000 < 0,05, menunjukan Ho ditolak dan Ha diterima, berarti lokasi dan fasilitas secara serempak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen. Nilai R Square yang diperoleh sebesar 0,602. Untuk melihat besar pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat dengan cara menghitung koefisien determinasi (KD) = R2 x 100%, sehingga diperoleh KD = 60,2%. Angka tersebut menunjukkan bahwa sebesar 60.2% kepuasan konsumen (variabel terikat) dapat dijelaskan oleh lokasi dan fasilitas. Sisanya sebesar 39,8,% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/9297
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Wibi Aditya Wijaya - fulltext.pdfFulltext1.08 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.