Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/9547
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHaniza-
dc.contributor.advisorHasibuan, Charlis Fajri-
dc.contributor.authorManalu, Mestika Indah Ali-
dc.date.accessioned2018-10-30T02:13:17Z-
dc.date.available2018-10-30T02:13:17Z-
dc.date.issued2017-11-01-
dc.identifier.urihttp://repository.uma.ac.id/handle/123456789/9547-
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan ingin mengetahui dan mendapatkan lokasi yang potensial dalam memasarkan keripik singkong pada UD. Rezeki Baru Cap Rumah Adat Minang Khas Medan berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan disekitar di UD. Rezeky Baru. Berdasarkan berbagai literatur, terdapat banyak faktor yang mempengaruhi pemilihan lokasi usaha. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi antara lain tingkat kriminalitas terdiri dari perampokan dan pencurian, sarana dan prasarana terdiri dari jalan dan angkutan, fasilitas terdiri dari restoran dan rumah ibadah, lingkungan terdiri dari kondisi tanah dan banjir, sosial ekonomi terdiri dari jumlah penduduk dan tingkat pendidikan. Lokasi yang baik adalah lokasi yang tingkat kriminalitasnya yang rendah dan akses jalan kedaerah pemasaran tersebut mudah dijangkau. Penelitian ini menggunakan data yang diperoleh langsung dari lapangan, yakni melalui observasi langsung, wawancara, dan dengan memberikan kuesioner kepada para konsumen. Penarikan sampel menggunakan metode (simple random sampling) yaitu suatu cara pengambilan sampel dimana tiap unsur yang membentuk populasi diberi kesempatan yang sama untuk terpilih menjadi sampel dan hanya 30 responden saja yang diambil dan diteliti. Teknik pengolahan data dilakukan setelah pembuatan struktur hirarki maka setiap kriteria dihitung bobot prioritas dan konsistensinya, kemudian dilakukan perhitungan manual kemudian di cek konsistensinya menggunakan Metode AHP (Analytical Hierarchy Process). Hasil penelitian menunjukkan bahwa lokasi yang potensial untuk memasarkan keripik singkong cap rumah adat khas minang berdasarkan seluruh kriteria yang dianggap paling berpengaruh adalah yaitu: Jalan Sisingamangaraja Medan sebagai pilihan pertama dengan nilai 0,5074 (50,74%), Jalan Amaliun Medan sebagai pilihan kedua dengan nilai 0,2486 (24,86%), Jalan Halat Medan sebagai pilihan ketiga dengan nilai 0,2441 (24,41%).en_US
dc.description.abstractThe study aims to discover and find the potential location in marketing the cassava chips from UD. Rezeki Baru, with brand of Rumah Adat Minang Khas Medan based on the determined factor. Several literature studies stated that there are certain factors affect the selection of business location. The factors are criminal level including robbery and theft; means and infrastructure including road and transportation; facilities involving restaurant and house of worship. Furthermore, the factors also concern about environment involving land and flood condition, and social economy including total population and education level. A good location has a low criminal level and reachable access to marketing area. The research employs the data which are obtained from the direct observation, interview, and distributes questionnaire to the consumer. A total of 30 respondents were selected through the simple random sampling method, namely the entire elements is given a similar chance to be selected as sample. Data processing technique is conducted after establishing the hierarchy structure then every criteria is calculated the weight for its consistency and its priority manually by using AHP (Analytical Hierarchy Process) method. The result indicates that the potential location to marketing the cassava chips based on the most influenced criteria are: Sisingamaraja Road, Medan as the first option with the value as 0.5074 (50.74%), Amaliun Road, Medan to be selected as the second option with the value as 0.2486 (24.86%), then Halat Road, Medan for the third option with the value as 0.2441 (24.41%).en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.subjectcriteriaen_US
dc.subjectanalytical hierarchy processen_US
dc.subjectkriteriaen_US
dc.titlePenentuan Lokasi Penjualan Keripik Singkong Cap XXX dengan Menggunakan Metode AHP (Analytic Hierarchy Process)en_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US
Appears in Collections:SP - Industrial Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Mestika Indah Ali Manalu - Fulltext.pdfFulltext2.07 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.