Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/983
Title: Hubungan antara Penerimaan Teman Sebaya dengan Kepercayaan Diri pada Siswa yang Tinggal di Pesantren Ar-Raudhatul Hasanah Medan
Authors: Khairunnisa
Keywords: Penerimaan Teman Sebaya;Kepercayaan Diri
Issue Date: 31-Jul-2015
Abstract: Kepercayaan diri merupakan salah satu hal yang penting dalam kehidupan. Karena salah satu faktor yang mempengaruhi dalam membangun rasa percaya diri pada remaja awal adalah pengaruh lingkungan sekitar. Pada remaja awal dapat dilihat dari hubungan dengan teman-temannya, bagaimana mereka bisa diterima oleh temannya. Remaja beranggapan bahwa dengan diterimanya diri mereka oleh lingkungan teman sebaya maka mereka dapat dikatakan berhasil dalam berinteraksi dengan lingkungan sehingga menumbuhkan rasa percaya diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penerimaan teman sebaya dengan kepercayaan diri pada siswa yang tinggal di Pesantren Ar-Raudhatul Hasanah Medan dengan jumlah 65 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 15 April 2015. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara variabel X-Y, diperoleh (p 0,050) yang berarti hipotesis diterima. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah sebesar 65,8%. Penerimaan Teman Sebaya di Pesantren Ar-Raudhatul Hasanah Medan tergolong tinggi, Sebab nilai rata-rata empirik yang diperoleh yaitu 96,184 lebih besar dari rata-rata hipotetik yaitu 75 dengan selisi melebihi nilai SD atau SB yang besarnya 21,184. Kemudian dalam hal kepercayaan diri juga tergolong tinggi, dimana nilai rata-rata empiriknya yang diperoleh yaitu 114,646 lebih besar dari nilai rata-rata hipotetik yaitu 87,5 dengan selisih yang melebihi nilai SD atau SB yang besarnya 27,146. Berdasarkan penelitian ini, maka hipotesis yang diajukan dinyatakan diterima
URI: http://hdl.handle.net/123456789/983
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
118600104_file1.pdfCover261.94 kBAdobe PDFView/Open
118600104_file2.pdfAbstract243.37 kBAdobe PDFView/Open
118600104_file3.pdfIntroduction239.87 kBAdobe PDFView/Open
118600104_file4.pdfChapter I237.33 kBAdobe PDFView/Open
118600104_file5.pdfChapter II312.59 kBAdobe PDFView/Open
118600104_file6.pdfChapter III310.38 kBAdobe PDFView/Open
118600104_file8.pdfReference486.61 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.