Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10460
Title: Hubungan Kecerdasan Emosional dan Interaksi Teman Sebaya dengan Penyesuaian Sosial pada Siswa MAN 2 Model Medan
Authors: Siregar, Ali Hamzah
metadata.dc.contributor.advisor: Darmayanti, Nefi
Nurmaida
Keywords: penyesuaian sosial;kecerdasan emosional;interaksi teman sebaya
Issue Date: 24-Oct-2016
Publisher: Universitas Medan Area
Description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji secara empirik apakah ada hubungan antara kecerdasan emosional dan interaksi teman sebaya dengan penyesuaian sosial siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan kelas XI. Subjek penelitian adalah siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan kelas XI yang berjumlah 94 orang. Alat ukur yang digunakan adalah instrumen kecerdasan emosional yang terdiri dari 37 aitem (a= 0.927), instrumen interaksi teman sebaya yang terdiri dari 27 aitem (a= 0,922) dan instrumen penyesuaian sosial yang terdiri dari 33 aitem (a= 0,913) . Analisis data menggunakan teknik regresi linier berganda. Berdasarkan analisis data, diperoleh bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dinyatakan diterima, yaitu ada hubungan antara kecerdasan emosional dan interaksi teman sebaya dengan penyesuaian sosial siswa. Artinya semakin baik kecerdasan emosional dan interaksi teman sebaya maka semakin baik penyesuaian sosial siswa. Hal ini dibuktikan melalui perhitungan analisis regresi linier berganda dengan nilai atau koefisien (Rxy) = 0.611 dan koefisien determinan (K) = 0.373 dengan p = 0.000 < 0,050. Koefisien determinan (R2) = 0.373 menunjukkan bahwa kecerdasan emosional dan interaksi teman sebaya membentuk penyesuaian sosial siswa sebesar 38%. Selanjutnya dilihat dari perhitungan mean hipotetik 82,4 mean empirik 102,63 dan nilai standar deviasi 10.600 penyesuaian sosial siswa pada kategori penyesuaian sosial yang baik, kecerdasan emosional memiliki mean hipotetik 92,5 mean empirik 110.93 dan standar deviasi 12.547 kecerdasan emosional siswa pada kategori kecerdasan emosional yang baik dan interaksi teman sebaya memiliki mean hipotetik 67,5 mean empirik 83,57 dan standar deviasi 10,596 interaksi teman sebaya siswa pada kategori interaksi teman sebaya yang baik.
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10460
Appears in Collections:MT - Master of Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
131804009_Ali Hamzah Siregar.pdfFulltext2.05 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.