Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/16291
Title: Perlindungan Hukum bagi Konsumen atas Kerusakan Barang pada Layanan Yakin Esok Sampai (YES) (Studi pada PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir Cabang Medan)
Other Titles: Legal Protection for Consumers for Damage to Goods at the Sure Tomorrow Until Service (YES) (Study at PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir Medan Branch)
Authors: Nasution, Andre Fauzan
metadata.dc.contributor.advisor: Barus, Utary Maharany
Wahyuni, Windy Sri
Keywords: tiki jalur nugraha ekakurir;perlindungan konsumen;pengiriman;wanprestasi;ganti rugi;consumer protection;delivery;default;compensation
Issue Date: 30-Jul-2021
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;178400021
Abstract: Bagaimana Perlindungan Hukum terhadap konsumen PT.Tiki Jalur Nugraha Ekakurir dalam hal terjadinya kerusakan barang pada layanan Yakin Esok Sampai? dan Bagaimana upaya mekanisme penyelesaian sengketa konsumen oleh PT.Tiki Jalur Nugraha Ekakurir apabila terdapat kerusakan barang pada layanan Yakin Esok Sampai?. Jenis penelitian yang digunakan yuridis normatif yaitu suatu metode yang membahas obyek penelitian dengan menitikberatkan pada aspek-aspek yuridis dengan metode deskriptif analitis. Hasil dari penelitian ini ialah bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen PT.Tiki Jalur Nugraha Ekakurir dalam hal terjadinya kerusakan barang pada layanan Yakin Esok Sampai, JNE telah mengatur seluruh tanggung jawabnya di dalam syarat standar pengiriman (SSP), bahwa apabila terjadi kerugian yang disebabkan oleh kerusakan dan kehilangan barang kiriman maka JNE akan bertanggung jawab dengan berupaya memberikan ganti kerugian sebagaimana juga diatur dalam pasal 19 Undang-Undang Perlindugan Konsumen. Upaya mekanisme penyelesaian sengketa konsumen oleh PT.Tiki Jalur Nugraha Ekakurir apabila terdapat kerusakan barang pada layanan Yakin Esok Sampai, JNE dalam hal ini lebih mengedepankan dengan negoisasi dan mediasi yang sebagaimana diatur dalam pasal 47 Undang-Undang Perlindungan Konsumen. How is legal protection for PT.Tiki Jalur Nugraha Ekakurir consumer in the event of damage to goods on the sure tomorrow service? and How is the mechanism for resolving consumer disputes PT.Tiki Jalur Nugraha Ekakurir if there is damage to goods on the sure tomorrow service? The type of research used is normative juridical, which is meant by juridical normative a method that discusses the object of research with an emphasis on juridical aspects with descriptive analytical methods. As for the results of this research , a form of legal protection for consumers in the event of damage to goods in the service, believe JNE has regulated all responsibilities on standart shipping terms (SSP), that in the event of a loss caused by damage and loss of the shipment, JNE will be responsible by trying provide compensation as also 19 of the consumer protection law. Consumer dispute resolution mechanism efforts by PT.Tiki Jalur Nugraha Ekakurir if ther is damage to goods on the service. Believe tomorrow will arrive, JNE in this case priotizes with negotiation and mediation as stipulated in 47 the Consumer Protection Law.
Description: 34 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/16291
Appears in Collections:SP - Civil Law

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
178400021 - Andre Fauzan Nasution - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, Bibliography1.18 MBAdobe PDFView/Open
178400021 - Andre Fauzan Nasution - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV448.33 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.