Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/21400
Title: | Implementasi Kebijakan Program Indonesia Pintar (Pip) Pada Sma Sultan Iskandar Muda Kota Medan |
Other Titles: | Implementation of Indonesian Program Policy Smart (Pip) At Sultan Iskandar High School Medan City Youth |
Authors: | Akbar, Muharry |
metadata.dc.contributor.advisor: | Muda, Indra Batubara, Beby Masitho |
Keywords: | Policy implementation;Education;Smart Indonesia Program;Implementasi kebijakan;Pendidikan;Program Indonesia Pintar |
Issue Date: | 20-Sep-2023 |
Publisher: | Universitas Medan Area |
Series/Report no.: | NPM;198520062 |
Abstract: | Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan rancangan pemerintah Indonesia dalam memperhatikan kebutuhan pendidikan anak-anak Indonesia yang kurang mampu. Permasalahan penelitian adalah bagaimana implementasi dan faktor penghambat dalam program Indonesia pintar di SMA Sultan Iskandar Muda. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif berdasarkan teknik pengolahan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dengan informan sebanyak 4 orang. Hasil didapatkan berdasarkan teori Van Horn dan Van Meter melalui beberapa indikator implementasi dalam penelitian yaitu: Standar dan sasaran kebijakan sangat membantu siswa kurang mampu dalam pendidikan. Sumber daya manusia cukup baik tetapi sarana dan prasarana kurang memadai, dikarenakan tidak terdapatnya ruangan khusus pelaksanaan PIP. Karakteristik organisasi pelaksana, SOP sudah cocok dengan kebijakan. Kegiatan pelaksana, melaksanakan implementasi kebijakan dengan baik karena memahami SOP. Sikap para pelaksana sudah baik mendorong berhasilnya kebijakan PIP. Lingkungan kebijakan PIP mendapat dukungan dari pihak sekolah dan orang tua. Kesimpulan dari penelitian yakni program indonesia pintar telah berjalan dengan cukup baik dengan terpenuhi 5 dari 6 indikator, faktor penghambat program indonesia pintar yaitu pada sumber daya. Smart Indonesia Program designed to underprivileged children. Problem is how implement and inhibiting factors in smart Indonesia program. Researchers used qualitative methods using techniques observation, interviews and documentation with 4 informants. Results based on Van Horn and Van Meter theory, namely : Policy standards and targets really help underprivileged students. Resources are good but infrastructure are inadequate. Implementing organization characteristics, in accordance SOP. Implementing activities has fullfilled SOP. Encourage is success. Environment has support of schools and parents. Conclusion from the research is smart Indonesia program going well with 5 of 6 indicators fulfilled, inhibiting factor is the resource. |
Description: | 64 Halaman |
URI: | https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/21400 |
Appears in Collections: | SP - Public Administration |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
198520062 - Muharry Akbar - Chapter IV.pdf Restricted Access | Chapter IV | 443.09 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
198520062 - Muharry Akbar - Fulltext.pdf | Cover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography | 1.21 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.