Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/25579
Title: | Hubungan antara Interaksi Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar pada Siswa Smp Negeri 1 Patumbak |
Other Titles: | The Relationship between Peer Interaction and Learning Motivation in Students of SMP Negeri 1 Patumbak |
Authors: | Siburian, Juniar Evayanti |
metadata.dc.contributor.advisor: | Fadilah, Risydah |
Keywords: | teman sebaya;motivasi belajar |
Issue Date: | Jun-2024 |
Publisher: | Universitas Medan Area |
Series/Report no.: | NPM;188600299 |
Abstract: | Artikel atau tulisan ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara interaksi teman sebaya dengan motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Patumbak. Masalah difokuskan pada motivasi belajar Siswa SMP Negeri 1 Patumbak saat ini dipengaruhi oleh teman sebayanya. Guna mendekati masalah ini dipergunakan acuan teori dari Oemar Hamalik mengatakan: Motivasi penting dan sangat menentukan dalam kegiatan belajar. Siswa yang memiliki motivasi akan lebih berhasil daripada mereka yang tidak mempunyai motivasi belajar. Data-data dikumpulkan melalui observasi dan kuisioner, dan dianalisis secara kuantitatif. Kajian ini menyimpulkan bahwa dari hasil analisis dari pembahasan maka dapat disimpulkan oleh peneliti bahwa dari hasil uji corellation pearson didapatkan nilai pearson correlation sebesar 0,332. Nilai yang dihasilkan memiliki nilai pearson corellation 0,332 ˃ 0.05 yang bermakna bahwa kedua variabel memiliki hubungan lemah. Hal ini berarti dapat disimpulkan “adanya hubungan antara interaksi teman sebaya dan motivasi belajar siswa SMPN 1 Patumbak ”. |
Description: | 63 Halaman |
URI: | https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/25579 |
Appears in Collections: | SP - Psychology |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
188600299 - Juniar Evayanti Siburian Fulltext.pdf | Cover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography | 2.26 MB | Adobe PDF | View/Open |
188600299 - Juniar Evayanti Siburian Chapter IV.pdf Restricted Access | Chapter IV | 394.5 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.