Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/25620
Title: Perbedaan Kecerdasan Emosional pada Siswa/i di Mts Nurul Amaliyah Tanjung Morawa Ditinjau dari 3 Pola Asuh Orangtua
Other Titles: Differences in Emotional Intelligence in Students at Mts Nurul Amaliyah Tanjung Morawa Reviewed from 3 Parenting Patterns
Authors: Rahman, Maulana Fathur
metadata.dc.contributor.advisor: Suri, Findy
Keywords: kecerdasan emosional;pola asuh orangtua;siswa
Issue Date: Sep-2024
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;198600043
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kecerdasan emosional siswa/i MTS Nurul Amaliyah Tanjung Morawa berdasarkan tiga pola asuh: demokratis, permisif, dan otoriter. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melibatkan 48 siswa dari kelas IX sebagai sampel. Alat ukur yang digunakan adalah skala kecerdasan emosional yang terdiri dari 30 aitem. Setelah dilakukan uji validitas, 28 aitem dinyatakan valid dengan reliabilitas sebesar 0,940. Uji normalitas menunjukkan data terdistribusi normal dengan nilai signifikansi 0,586. Hasil uji Anova 1 jalur menunjukkan terdapat perbedaan signifikan dalam kecerdasan emosional berdasarkan pola asuh, dengan nilai F sebesar 64,137 dan signifikansi 0,000. Analisis lanjutan menunjukkan bahwa pola asuh demokratis memiliki nilai mean empirik tertinggi (83,56), diikuti oleh pola asuh permisif (59,13) dan otoriter (52,13). Penelitian ini menyimpulkan bahwa pola asuh demokratis berkontribusi positif terhadap kecerdasan emosional siswa, sedangkan pola asuh permisif dan otoriter menunjukkan hasil yang lebih rendah.
Description: 64 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/25620
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
198600043 - Maulana Fathur Rahman Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.81 MBAdobe PDFView/Open
198600043 - Maulana Fathur Rahman Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV257.75 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.