Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/27496
Title: Pengaruh Kreativitas Dan Kemampuan Kewirausahaan Terhadap Keberhasilan Usaha (Studi Pada Umkm di Medan Tuntungan)
Other Titles: The Influence of Creativity and Entrepreneurial Ability on Business Success (Study on MSMEs in Medan Tuntungan)
Authors: Syafii, Rian
metadata.dc.contributor.advisor: Parulian, Tohap
Keywords: Creativity;Entrepreneurial Ability and Business Success;Kreativitas;Kemampuan Kewirausahaan dan Keberhasilan Usaha.
Issue Date: 29-Mar-2025
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;198320221
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kreativitas dan kemampuan kewirausahaan secara parsial dan simultan terhadap keberhasilan usaha Pada UMKM Kuliner Di Kota Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah 78 UMKM di Medan Tuntungan. Sampel dalam penelitian sebanyak 78 UMKM yang diperoleh dengan menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda, uji parsial (Uji t), uji signifikasi simultan (Uji F) dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha, kemampuan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha dan kreativitas dan kemampuan kewirausahaan secara simultan berpengaruh terhadap keberhasilan usaha Pada UMKM Kuliner Di Kota Medan. The purpose of this study was to determine the effect of creativity and entrepreneurial ability partially and simultaneously on business success in culinary UMKM in Medan City. The population in this study was 78 UMKM in Medan Tuntungan. The sample in the study was 78 UMKM obtained using saturated samples. The data collection technique used in this study was carried out by distributing questionnaires. The analysis technique used in this study was multiple linear regression, partial test (t-test), simultaneous significance test (F-test) and coefficient of determination. The results of the study showed that creativity had a positive and significant effect on business success, entrepreneurial ability had a positive and significant effect on business success and creativity and entrepreneurial ability simultaneously had an effect on business success in culinary UMKM in Medan City.
Description: 8 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/27496
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
198320221 - Rian Syafii - Fulltext.pdfFulltext723.18 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.