Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/28021
Title: Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Manfaat terhadap Minat Penggunaan Qris (Studi Kasus Pada Konsumen Cafe Tautan Binjai Sumatera Utara)
Other Titles: The Influence of Perceived Ease of Use and Perceived Benefit on Interest in Using Qris (Case Study on Consumers of Cafe Link Binjai, North Sumatra)
Authors: Manullang, Suter Darbin
metadata.dc.contributor.advisor: Aramitha, Finta
Keywords: Perceived Ease of Use;Perceived Benefits;Interest in Use;Persepsi Kemudahan Penggunaan;Persepsi Manfaat;Minat Penggunaan
Issue Date: 24-Mar-2025
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;208320312
Abstract: Era digital telah membawa perubahan signifikan dalam sistem pembayaran, salah satunya melalui penggunaan QRIS (QR Code Indonesian Standard) di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi manfaat terhadap minat penggunaan QRIS, dengan studi kasus pada konsumen Cafe Tautan Binjai di Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin didapatkan jumlah sampel sebanyak 96 responden. Data dianalisis menggunakan uji asumsi klasik, regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial persepsi kemudahan penggunaan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan QRIS, dengan nilai thitung 4,259 dan ttabel bernilai 1,98 sehingga thitung > ttabel (4,259 > 1,98) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,036 < 0,05). Sedangkan variabel persepsi manfaat juga menghasil nilai thitung 3,293, sehingga thitung > ttabel (3,293 > 1,98) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,022 < 0,05). Secara simultan persepsi kemudahan penggunaan (X1) dan persepsi manfaat (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan QRIS di Cafe Tautan Binjai, dengan nilai Fhitung sebesar 5,081 > Ftabel 3,09 dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. The digital era has brought significant changes in the payment system, one of which is through the use of QRIS (QR Code Indonesian Standard) in Indonesia. This study aims to analyze the effect of perceived ease of use and perceived benefits on interest in using QRIS, with a case study of consumers of Cafe Tautan Binjai in North Sumatra. This research uses a quantitative approach with a survey method. In this study, using the Slovin formula, the sample size was 96 respondents.. The data were analyzed using the classical assumption test, multiple linear regression, and hypothesis testing. The results showed that partially perceived ease of use (X1) had a positive and significant effect on interest in using QRIS, with a tcount value of 4.259 and a ttable value of 1.98 so that tcount> ttable (4.259> 1.98) and a significance value smaller than 0.05 (0.036 <0.05). While the perceived usefulness variable also results in a tcount value of 3.293, so that the tcount> ttable (3.293> 1.98) and the significance value is smaller than 0.05 (0.022 < 0.05). Simultaneously perceived ease of use (X1) and perceived benefits (X2) have a positive and significant effect on interest in using QRIS at Cafe Link Binjai, with an Fcount value of 5.081> Ftable 3.09 and a significance value of 0.001 <0.05.
Description: 84 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/28021
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
208320312 - Suter Darbin Manullang - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV1.93 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
208320312 - Suter Darbin Manullang - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.78 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.