Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10401
Title: Hubungan antara Kecerdasan Emosi dan Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik Siswa SMP
Authors: Nisfiary, Reny Khaerany
metadata.dc.contributor.advisor: Sulistyaningsih, Wiwik
Minauli, Irna
Keywords: kecerdasan emosi;efikasi diri;prokrastinasi akademik
Issue Date: 25-Nov-2014
Publisher: Universitas Medan Area
Description: Penelitian ini dilakukan untuk menguji hubungan antara kecerdasan emosi dan efikasi diri dengan prokrastinasi akademik siswa pada 40 siswa SMP Muhammadiyah 3 Medan. Instrument penelitian yang digunakan adalah skala kecerdasan emosi, skala efikasi diri dan skala prokrastinasi akademik. Analisis data menggunakan uji regresi. Sampel penelitian adalah 40 orang siswa SMP Muhammadiyah 3 Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosi dengan prokrastinasi akademik (r = -0,861, p < 0,005), (2). Ada hubungan yang signifikan antara efikasi diri dengan prokrastinasi akademik ( r = -0,707, p < 0,005). dan (3). Ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosi dan efikasi diri dengan prokrastinasi akademik (r = -0,888, p < 0,005). Hasil penelitian selanjutnya menunjukkan bahwa secara bersama-sama kecerdasan emosi dan efikasi diri dapat memprediksi prokrastinasi akademik dengan F = 69.159, R2 = 0.789 dan p < 0,005. Hasil analisis regresi bertahap didapatkan hasil bahwa kecerdasan emosi (beta = -0.686; t = -7.122, dan p < 0,005), dan efikasi diri (beta= -0.281; t = -2.911 dan p < 0,005) memiliki daya prediksi yang negatif dan signifikan terhadap prokrastinasi akademik. Dari analisa deskriptif diketahui bahwa ada 4 orang yang memiliki kategori prokrastinasi akademik rendah, ada 32 orang pada kategori prokrastinasi akademik sedang, dan pada kategori tinggi ada 4 orang siswa. Untuk kecerdasan emosi ada 5 orang siswa yang memiliki kategori kecerdasan emosi rendah, sedangkan yang memiliki kecerdasan emosi sedang ada 28 orang siswa dan kategori tinggi ada 7 orang siswa, untuk efikasi diri, ada 7 orang siswa yang memiliki kategori efikasi diri rendah, sedangkan yang memiliki efikasi diri sedang ada 25 orang siswa dan kategori tinggi ada 8 orang siswa.
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10401
Appears in Collections:MT - Master of Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
121804019_Reny Khaerany Nisfiary.pdfFulltext1.97 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.