Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10421
Title: Hubungan antara Konsep Diri dan Regulasi Diri dengan Prokrastinasi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sumatera Utara
Authors: Dalimunthe, Efrida Mandasari
metadata.dc.contributor.advisor: Darmayanti, Nefi
Hasmaini, Babby
Keywords: konsep diri;regulasi diri;prokrastinasi
Issue Date: 26-Nov-2014
Publisher: Universitas Medan Area
Description: Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan, (1) apakah ada hubungan antara konsep diri dan regulasi diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sumatera Utara Tahun Pelajaran 2013/2014?, (2) Apakah ada hubungan antara konsep diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sumatera Utara Tahun Pelajaran 2013/2014?, (3) Apakah ada hubungan antara regulasi diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sumatera Utara Tahun Pelajaran 2013/2014?. Teknik pengambilan sampel. Teknik sampling yang digunakan oleh peneliti adalah non probability sampling. Pengujian validitas dan reliabilitas. Untuk menguji validitas dan reliabilitas ketiga alat ukur, dilakukan try out dengan mengambil responden sebanyak 30 mahasiswa yang berada disemester sebelumnya. Sebelum itu, peneliti melakukan uji expert judgement kepada ahli untuk menilai content validity dari alat ukur yang digunakan serta uji keterbacaan atau face validity. Jumlah Sampel dalam penelitian ini sebanyak 77 orang. Terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dan regulasi diri dengan prokrastinasi akademik. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien Freg = 58,654 dimana p < 0,05. Ini artinya konsep diri dan regulasi diri berhubungan signifikan dengan prokrastinasi akademik. Nilai korelasi parsial konsep diri (X1) dengan prokrastinasi akademik (Y) sebesar -0,358 dengan p < 0,05, artinya terdapat korelasi yang negatif dan signifikan. Nilai tersebut menunjukkan bahwa arah hubungan kedua variabel negatif, artinya semakin tinggi konsep diri akan semakin rendah prokrastinasi akademik, hal itu berlaku pula sebaliknya, semakin semakin rendah konsep diri akan semakin tinggi prokrastinasi akademik. Nilai korelasi parsial regulasi diri (X2) dengan prokrastinasi akademik (Y) sebesar - 0.408 dengan p < 0,05 artinya terdapat korelasi yang negatif dan signifikan. Nilai tersebut menunjukkan bahwa arah hubungan kedua variabel negatif, artinya semakin tinggi regulasi diri akan semakin rendah prokratinasi akademik, hal itu berlaku pula sebaliknya, semakin semakin rendah regulasi diri akan semakin tinggi prokratinasi akademik. Nilai koefisien determinan (R2) dari hubungan antara konsep diri dan regulasi diri dengan prokrastinasi akademik adalah sebesar 0,603. Ini menunjukkan bahwa variabel prokrastinasi akademik dapat dibentuk oleh variabel konsep diri dan regulasi diri adalah sebesar 60.3%, sedangkan masih terdapat 39,7% (100% - 60,3%) variabel bebas lainnya yang mempunyai hubungan dengan prokrastinasi akademik namun belum terdapat dalam penelitian ini.
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10421
Appears in Collections:MT - Master of Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
121804051_Efrida Mandasari Dalimunthe.pdfFulltext2.33 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.