Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/1236
Title: Perbedaan Penguasaan Pembendaharaan Kata Ditinjau dari Intelegensi Anak Taman Kanak-Kanak Pertiwi Lhokseumawe
Authors: Phoenna, Jelita Rizky
Keywords: pembendaharaan kata;intelegensi;anak TK
Issue Date: 27-Jul-2016
Publisher: Universitas Medan Area
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan penguasaan pembendaharaan kata anak ditinjau dari intelegensi anak di TK Pertiwi Lhokseumawe. Subjek penelitian adalah anak yang bersekolah di TK Pertiwi Lhokseumawe yang berjumlah 40 orang. Alat ukur yang digunakan adalah Tes CPM (Coloured Progressive Matrices) untuk mengukur intelegensi anak dan buku cerita yang tersedia disekolah untuk penguasaan pembendaharaan kata. Uji daya beda dengan menggunakan teknik analisis varians 1 jalur. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil bahwa tidak ada perbedaan penguasaan pembendaharaan kosa kata antara anak TK yang memiliki IQ rata-rata dan anak TK yang memiliki IQ dibawah rata-rata (F beda = 0.741 p = 0.395 > 0.050). Selanjutnya diketahui perhitungan nilai rata-rata didapatkan nilai rata-rata pada anak TK yang memiliki IQ rata-rata yaitu sebesar 49.17 dan pada anak TK yang memiliki IQ dibawah rata-rata yaitu sebesar 47.32. Nilai-nilai rata yang dimiliki oleh kedua kelompok subjek diatas 45, yang berarti anak TK yang memiliki IQ rata-rata dan anak TK yang memiliki IQ dibawah rata-rata berada dalam kategori B atau memiliki pembendaharaan yang baik.
URI: http://hdl.handle.net/123456789/1236
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
118600021_FILE1.pdfCover253.81 kBAdobe PDFView/Open
118600021_FILE2.pdfAbstract233.88 kBAdobe PDFView/Open
118600021_FILE3.pdfIntroduction255.25 kBAdobe PDFView/Open
118600021_FILE4.pdfChapter I258.03 kBAdobe PDFView/Open
118600021_FILE5.pdfChapter II319.67 kBAdobe PDFView/Open
118600021_FILE6.pdfChapter III244.32 kBAdobe PDFView/Open
118600021_FILE8.pdfReference1.02 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.