Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/2022
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSari, Mahyuni-
dc.date.accessioned2017-10-05T07:07:33Z-
dc.date.available2017-10-05T07:07:33Z-
dc.date.issued2014-05-09-
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/2022-
dc.description.abstractKemandirian belajar merupakan proses dimana individu mengambil inisi atif dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi system pembelajarannya. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar menurut Hurlock (1990) ialah dukungan sosial orangtua.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubtmgan antara dukungan sosial orangtua dengan kemandirian belajar pada siswaSMA Negeri 4 Takengon. Subjek dalam penelitian ini ialah siswa/siswi kelas XI SMA Negeri 4 takengon yang berjumlah 105 orang. Teknik pengambilan subjek penelitian menggunakan teknik total sampling. Penelitian ini menggunakan dua buah skala sebagai alat ukur, yaitu Skala Kemandirian Belajar dan Skala Dukungan Sosial. Skala Dukungan Sosial Orangtua disusun sendiri oleh peneliti dalam bentuk Skala Likert berdasarkan aspek-aspek dukungan Sosial Orangtua (Buunk, dalam Hewstone, Stroebe dan Sthepenson, 1996) dan Skala kemandirian belajar berdasarkan dimensi kemandirian belajar (Candy, 1991). Skala Dukungan Sosial Orangtua ru=0.912 yang terdiri dari 33 aitem, sedangkan Skala Kemandirian Belajar rn= 0,930 yang terdiri dari 37 aitem. Hasil penelitian menggunakan korelasi Pearson Product Moment menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan sosial c,rangtua dan kemandirian belajar, rxy= 0,411; p<0,010. Dimana didapat r2= 0.169 atau 16,9%. Hal ini menunjukkan bahwa persentase sumbangan dukungan sosial orangtua terhadap kemandirian belajar sebesar 16,9% sedangkan 83,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian inien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.subjectdukungan sosial orangtuaen_US
dc.subjectkemandirian belajaren_US
dc.titleHubungan Dukungan Sosial Orangtua dengan Kemandirian Belajar pada Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Takengonen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
098600215_file1.pdfCover323.15 kBAdobe PDFView/Open
098600215_file2.pdfAbstract161.79 kBAdobe PDFView/Open
098600215_file3.pdfIntroduction561.97 kBAdobe PDFView/Open
098600215_file4.pdfChapter I259.99 kBAdobe PDFView/Open
098600215_file8.pdfReference907.61 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.