Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/21784
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHanizah-
dc.contributor.authorMarpaung, Sri Dewi Utami-
dc.date.accessioned2023-11-02T08:45:07Z-
dc.date.available2023-11-02T08:45:07Z-
dc.date.issued2023-09-14-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/21784-
dc.description85 Halamanen_US
dc.description.abstractIndonesia merupakan salah satu negeri penghasil bahan baku komoditi rotan terbesar di dunia. Pengusaha rotan harus mengatur strategi pemasaran untuk menghadapi persaingan dipasar domestik. UKM Mulia Rotan yang memiliki tantangan selera konsumen yang selalu berubah yang menginginkan beraneka ragam produk rotan berkualitas tinggi dengan harga yang murah dan pemasaran produk hanya dilakukan ditempat saja dan toko online yang sudah tidak dijalankan yang mengakibatkan pendapatan perusahaan menrun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang strategi pengembangan pemasaran melalui SOAR. Penelitian ini dilakukan dengan wawancara dan penyebaran kuesioner terhadap 30 responden dan untuk teknik pengolahan data menggunakan metode SOAR. Analisis SOAR dilakukan dengan matriks Internal Factors Analysis Summary (IFAS) yang mendeskripsikan faktor-faktor kekuatan dan aspirasi dan matriks Eksternal strategic factor Analisa summary (EFAS) yang mendeskripsikan faktor–faktor peluang dan hasil perusahaan. Dari hasil matrik Internal strategic factor Analisa summary (IFAS) mendapatkan score 0,19 dan untuk matriks Eksternal strategic factor Analisa summary (EFAS) mendapatkan skor 0,28 menunjukkan bahwa posisi perusahaan cukup kuat dan perusahaan berada di kuadaran I yang memilki kekuatan dan keunggulan yang dapat memanfaatkan peluang yang dimiliki oleh perusahaan. Strategi yang harus dilakukan oleh perusahaan ialah mendukung pertumbuhan agresif yang dapat meningkatkan penjualan, adapun hal yang bisa dilakukan oleh perusahaan adalah dengan melakukan promosi melalui sosial media, mengikuti event yang ada sehingga menarik minat konsumen dan produk lebih dikenal oleh masyarakat serta meningkatkan loyalitas konsumen sebagai pelanggan. Indonesia is one of the largest raw material producing countries for rattan commodities in the world. Rattan entrepreneurs must organize marketing strategies to face competition in the domestic market. UKM Mulia Rattan has the challenge of ever-changing consumer tastes who want a wide variety of high quality rattan products at low prices and product marketing is only done locally and the online shop is no longer running which has resulted in the company's income decreasing. The aim of this research is to design a marketing development strategy through SOAR. This research was conducted by interviewing and distributing questionnaires to 30 respondents and for data processing techniques using the SOAR method. SOAR analysis is carried out using the Internal Factors Analysis Summary (IFAS) matrix which describes strength and aspiration factors and the External strategic factor analysis summary (EFAS) matrix which describes the company's opportunity factors and results. From the results of the Internal strategic factor analysis summary (IFAS) matrix, it got a score of 0.19 and for the External strategic factor analysis summary (EFAS) matrix it got a score of 0.28, indicating that the company's position is quite strong and the company is in quadrant I which has strong strengths and advantages. can take advantage of the opportunities the company has. The strategy that must be carried out by the company is to support aggressive growth which can increase sales. What the company can do is carry out promotions through social media, take part in existing events so that it attracts consumer interest and the product is better known to the public and increases consumer loyalty as customers. .en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;198150072-
dc.subjectMatriks IFAS dan EFASen_US
dc.subjectIFAS and EFAS matricesen_US
dc.subjectStrategi Pemasaranen_US
dc.subjectsoaren_US
dc.subjectMarketing strategyen_US
dc.titleAnalisis Strategi Pengembangan Pemasaran Kerajinan Rotan Dengan Metode Soar Di Ukm Mulia Rotan Sei Kambing Medanen_US
dc.title.alternativeAnalysis of Marketing Development Strategy for Rattan Crafts Using the Soar Method in Ukm Mulia Rattan Sei Kambing Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Industrial Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
198150072 - Sri Dewi Utami Marpaung - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV800.2 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
198150072 - Sri Dewi Utami Marpaung - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.71 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.