Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/24035
Title: Peranan Akuntansi Manajemen dalam Proses Pengambilan Keputusan pada PT. Perkebunan Nusantara I (Persero) Langsa - Aceh Timur
Other Titles: The Role of Management Accounting in the Decision Making Process at PT. Perkebunan Nusantara I (Persero) Langsa - East Aceh
Authors: Nurhayati
metadata.dc.contributor.advisor: Lubis, Arifin
Tambunan, Sari Bulan
Keywords: akuntansi manajemen;pengambilan keputusan;management accounting;decision-making
Issue Date: 8-Feb-2006
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;018330072
Abstract: Adapun masalah penelitian yang dibahas sesuai dengan perumusan masalah adalah : "Apakah pengambilan keputusan untuk pesanan khusus sudah diterapkan sebagaimana mestinya". Berdasarkan uraian - uraian yang akan dikemukakan bahwa PT. Perkebunan Nusantara I menerapkan job order. Berarti produksi dilakukan jika ada permintaan, tetapi jika tidak ada job order produksi tidak diaktifkan. Kalau hal ini terjadi dan berlangsung secara terus menerus dalam waktu yang lama tentu akan menimbulkan dampak negatif bagi kondisi keuangan perusahaan. Oleh karena itu, ada baiknya jika spesial order/pesanan khusus juga turut diterapkan sebagai alternatif untuk memperoleh pendapatan sebagai solusinya sehingga produksi dapat beroperasi secara rutin. Dengan demikian spesial order dapat dijadikan sebagai mitra kerja yang Mendukung job order sehingga kesenjangan dalam produksi dapat diatasi. Konsep biaya yang digunakan disesuaikan dengan operasi perusahaan berdasarkan job order. Dalam perancangan dan pengawasan. Perusahaan menggunakan konsep biaya penuh dan dalam pengambilan keputusan menggunakan konsep biaya variabel. The research problems discussed are in accordance with the problem formulation is: "Has the decision making for the special order been implemented as it should be". Based on the descriptions that will be stated that PT. Plantation Nusantara I implements job orders. This means that production is carried out if there is demand, but if there is no job order, production is not activated. If this happens and ongoing continuously for a long time will certainly cause negative impact on the company's financial condition. Therefore, it would be better if special orders/special orders are also included implemented as an alternative to obtain income as a solution so that production can operate routinely. In this way, special orders can be used as working partners Support job orders so that gaps in production can be overcome. The cost concept used is adjusted to the company's operations based on job orders. In design and supervision. The company uses the full cost concept and in making decisions uses the variable cost concept.
Description: 67 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/24035
Appears in Collections:SP - Accountancy

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
018330072 - Nurhayati - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography9.47 MBAdobe PDFView/Open
018330072 - Nurhayati - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV953.08 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.