Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/24265
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorWahyuni, Nini Sri-
dc.contributor.authorGirsang, Remonawi-
dc.date.accessioned2024-06-10T04:40:31Z-
dc.date.available2024-06-10T04:40:31Z-
dc.date.issued2016-10-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/24265-
dc.description72 Halamanen_US
dc.description.abstractPenelitan ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menguji dan mendapatkan data secara empiris mengenai hubungan Komunikasi Interpersonal dengan Prestasi Belajar Kimia. Siswa!i Kelas II SMP Mulia Pratama Medan. Sejalan dengan landasan teori, maka diajukan hipotesa yang berbunyi ada hubungan positif antara komunikasi interpersonal dengan prestasi belajar kimia, dimana semakin baik komunikasi interpersonal maka semakin baik pula prestasi belajar kimia. Sebaliknya semakin kurang baik komunikasi interpersonal maka semakin kurang baik pula prestasi belajar kimia. Penelitian ini melibatkan 82 siswa/i kelas VIII SMP Mulia Pratama Medan sebagai subjek penelitian. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen skala Iikert untuk skala komunikasi interpersonal dan nilai rapor untuk mengukur prestasi belajar kimia. Skala komunikasi interpersonal disusun berdasarkan aspek-aspek komunikasi interpersonal menurut Buhrmester, dkk. (dalam Muhammad, 2002). yaitu: kemampuan berinisiatif; kemampuan bersikap; kemampuan memberikan dukungan emosional; kemampuan dalam mengatasi konflik. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil terdapat hubungan positif antara komunikasi interpersonal dengan prestasi belajar kimia. Hal ini dibuktikan dengan koefisien korelasi, dimana rxy = 0.451 ; p = 0.000 < 0.05. Sumbangan efektif komunikasi interpersonal untuk prestasi belajar kimia sebesar 20,4%. Dari hasil perhitungan mean hipotetik dan mean empirik diperoleh komunikasi interpersonal dan prestasi belajar kimia berada pada kategori sedang.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;138600319-
dc.subjectkomunikasi interpersonalen_US
dc.subjectprestasi belajar kimiaen_US
dc.titleHubungan Komunikasi Interpersonal dengan Prestasi Belajar Kimia Siswa/i Kelas VIII SMP Mulia Pratama Medanen_US
dc.title.alternativeThe Relationship between Interpersonal Communication and Chemistry Learning Achievement of Class VIII Students at SMP Mulia Pratama Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
138600319 - Remonawi Girsang Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography4.51 MBAdobe PDFView/Open
138600319 - Remonawi Girsang Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV1.42 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.