Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/24726
Title: Peramalan Penjualan Kartu Satelindo di PT. Satelindo Cabang Medan dengan Menggunakan Metode Box - Jenkins
Other Titles: Forecasting Satelindo Card Sales at PT. Satelindo Medan Branch Using the Box - Jenkins Method
Authors: Nasution, Muhammad Hazmi
metadata.dc.contributor.advisor: Haniza
Banjarnahor, M.
Keywords: peramalan;penjualan kartu satelindo;metode box - jenkins;forecasting;Satelindo card sales;box method - jenkins
Issue Date: 2002
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;978150005
Abstract: PT. Satelindo cabang Medan adalah sebuah pe:rusahaan telekomonikasi yang memiliki 3 bidang usaha yaitu: 1. Penyewaan satelit • 2. Pengadaan SLI 3. Pengadaan saluran telepon seluler Sedangkan PT. Satelindo cabang Medan hanya memiliki 2 bidang usaha yaitu Pengadaan saluran Internasional dan pengadaan saluran telepon seluler. Sedangkan untuk penyewaan satelit langsung dibawah wewenang pusat dalam hal ini berada di Jakarta. Dengan pesatnya perkembangan kota Medan dan semakin tingginya persaingan hidup maka peralatan telekomonikasi sangat dibutuhkan guna · memperlancar hubungan satu dengan yang lainya. PT. Satelindo sendiri banyak menerima permintaan konsumen yang hampir tidak terlayani disamping itu kepuasan konsumen juga ingin ditingkatkan guna dapat bersaing dengan perusahaan sejenis yang juga tumbuh bagaikan jamur dimusim hujan. Untuk itulah PT. Satelindo berkeinginan untuk mengembangkan jaringan-jaringan barn agar PT. Satelindo ini akan dapat diterima diseluruh Indonesia. Untuk itu dibutuhkan biaya yang besar. Tetapi hal itu tidaklah mudah, PT. Satelindo sendiri memiliki kendala yang cukup besar yaitu tentang penyediaan dana yang cukup untuk proyek sebesar itu. PT. Satelindo harus terlebih dahulu mengetahui daerah mana saja yang mendesak untuk dibangunnya sebuah j2.ringan barn. Banyak hal-hal penting yang perlu dipertimbangkan sebelum kita malakukan sebuah keputusan, diantaranya adalah sebuah perencanaan. Dalam perencanaan ada sebuah unsur penting yang perlu diperhatikan yaitu peramalan. Peramalan dibutuhkan guna me:ugoptimalkan atau memaksimalkan usaba yang ada sehingga mendapatkan basil yang maksimal pula. Peramalan ini meramalkan besamya peluang atau kemungkinan yang akan terjadi pada bulan mendatang sehingga langkah yang diambil tidaklah banyak yang kelirn. Peramalan ini diambil dari data-data yang didapat pada masa lalu. Peramalan yang diganakan pada kesempatan ini ( khususnya pada skripsi ini ) adalab peramalan yang menggunakan metode Box-Jenkins. Dalam peramalan yang me·nggunakan metode Box-Jenkins ini ada 3 tahap yang harus dilalui yaitu: Identifikasi Masalah, penaksiran dan pengujian serta penerapan model. Model peramalan d~lam metode Box Jenkins ini dibagi atas dua golongan yaitu: Golongan stasioner dan golongan non stasioner. PT. Satelindo sendiri khususnya yang berkaitan , dengan sekripsi ini yaitu jwnlah konsumen PT. Satelindo yang menggunakan kartu Satelindo setiap bulannya akan didata dan kemudian akan diramal berapa besar konsumen barn. dan lama yang akan menggunakan jasa telekomonikasi ini pada bulan berikutnya. Peramalan ini belum tentu benar, hanya sifatnya membantu perencanaan kedepan agar memperoleh basil yang optimal. Setelah melihat pola data yang ada serta hasil perhitungan yang telah dilakuk:an, maka penulis mengambil -!cesimpulan bahwa peramalan ini menggunakan ARIMA (2,1,0). Dengan persamaan Xt = Xt-t +¢1X1_1 -<AX,_2 -¢2X1_3 dimana dengan menggunakan persamaan tersebut maka didapat hasil peramalan tahun 2002 yaitu…..
Description: 32 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/24726
Appears in Collections:SP - Industrial Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
978150005 - Muhammad Hazmi Nasution - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography2.76 MBAdobe PDFView/Open
978150005 - Muhammad Hazmi Nasution - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV3.21 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.