Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/25782
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAnindya, Desy Astrid-
dc.contributor.advisorRahman, Fauziah-
dc.contributor.authorSalma, Zahara-
dc.date.accessioned2024-11-13T03:17:53Z-
dc.date.available2024-11-13T03:17:53Z-
dc.date.issued2024-10-01-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/25782-
dc.description103 Halamanen_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, penggunaan e-commerce dan sistem informasi akuntansi terhadap efektivitas kinerja keuangan UMKM di Kecamatan Medan Baru. Penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner dengan menyebarkan kepada responden secara offline. Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM di Kecamatan Medan Baru. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 61 responden. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas), uji regresi linier berganda dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS (Statistical Package for the Social Sciences). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial literasi keuangan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap efektivitas kinerja keuangan UMKM di Kecamatan Medan Baru. Secara parsial penggunaan e-commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas kinerja keuangan UMKM di Kecamatan Medan Baru. Secara parsial sistem informasi akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas kinerja keuangan UMKM di Kecamatan Medan Baru. This research aimed to determine the effect of financial literacy, e-commerce usage, and accounting information systems on the effectiveness of the financial performance of MSMEs in Medan Boru District. The research used quantitative data, and data collection was conducted through ojJline questionnaires distributed to respondents. The population in this research consisted ofMSMEs in Medan Boru District, with a sample size of 61 respondents. The research employed validity tests, reliability tests, classical assumption tests (including normality test, multicollinearity test, and heteroscedasticity test), multiple linear regression tests, and hypothesis tests using SPSS (Statistical Package for the Social Sciences). The research results showed that, partially, financial literacy had a positive but insignificant effect on the effectiveness of MSME financial performance in Medan Baru District. Partially, e-commerce usage had a positive and significant effect on the effectiveness of MSMEfinancial performance in Medan Boru District. Partially, the accounting information system has a positiv.e and significant effect on the effectiveness of MSME financial peiformance in Medan Boru District.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNIVERSITAS MEDAN AREAen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;208330046-
dc.subjectliterasi keuanganen_US
dc.subjectpenggunaane-commerceen_US
dc.subjectsistem informasi akuntansien_US
dc.subjectkinerja keuangan umkmen_US
dc.subjectfinancial literacyen_US
dc.subjecte-commerce usageen_US
dc.subjectaccounting information systemen_US
dc.subjectmsme financial performanceen_US
dc.titlePengaruh Literasi Keuangan, Penggunaan E-Commerce dan Sistem Informasi Akuntansi terhadap Efektivitas Kinerja Keuangan UMKM di Kecamatan Medan Baruen_US
dc.title.alternativeThe Influence of Financial Literacy, Use of E-Commerce and Accounting Information Systems on the Effectiveness of MSME Financial Performance in Medan Baru Districten_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US
Appears in Collections:SP - Accountancy

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
208330046 - Zahara Salma - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.73 MBAdobe PDFView/Open
208330046 - Zahara Salma - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV556.44 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.