Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/2869
Title: Analisis Kinerja Puskesmas dalam Meningkatkan Pelayanan Kesehatan di Kelurahan Sugiharjo Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang
Authors: Gultom, Hotlan Martogu
Keywords: kinerja puskesmas;tingkat layanan kesehatan
Issue Date: 2012
Publisher: Universitas Medan Area
Description: Pemerintah Kabupaten Deli Serdang dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya berupaya melaksanakan pembangunan disegala bidang, salah satu prioritasnya adalah pembangunan di bidang kesehatan. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di bidang kesehatan, pemerintah melakukan upaya-upaya pembangunan kesehatan secara merata di seluruh wilayah Kabupaten Deli Serdang yang bermutu dan terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Puskesmas sebagai Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) dari Dinas Kesehatan adalah unit pelaksana fungsional yang berfungsi sebagai pusat pembangunan kesehatan, pusat pembinaan peran serta masyarakat dalam bidang kesehatan serta pusat pelayanan kesehatan tingkat pertan1a yang menyelenggarakan kegiatan secara menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan pada masyarakat yang bertempat tinggal di wilayah tertentu. Permasalahan yang diajukan adalah Bagaimana kinerja Puskesmas Kelurahan Sugiharjo Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang dalam melaksanakan pelayanannya kepada masyarakat, khususnya dalam hal pelayanan kesehatan. Hasil pembahasan menjelaskan Hasil kinerja keuangan menunjukkan bahwa, pada tahun 2010 capaian indikator kinerjanya sebesar 119,00% dan pada tahun 2011 mencapai 111,11% yang berarti sangat baik. Bila dilihat dari hasil kuesioner, nilai capaian akhir kinerja keuangan mencapai 73,40% yang berarti termasuk katagori baik. Hasil dari kinerja pertumbuhan dan pembelajaran menunjukkan bahwa pada tahun 2010 capaian indikator kinerjanya sebesar 81,82% yang berarti baik, tidak tercapinya target tersebut disebabkan pelatihan kebidanan yang direncanakan 9 orang, hanya dilaksanakan 7 orang. Pada tahun 2011 capaian indikator kinerjanya sebesar 88,89% yang berarti sangat baik, tidak tercapainya target tersebut disebabkan pelatihan komputer yang direncanakan 2 orang, hanya dilaksanakan 1 orang. Bila dilihat dari hasil kuesioner, nilai capaian akhir pertumbuhan dan pembelajarnn mencapai 71,80% yang berarti termasuk katagori baik. Dalam penetapan target retribusi pelayanan kesehatan agar perhitungannya selain memperhatikan target dan pencapaian tahun lalu juga harus memperhitungkan faktor-faktor dari luar, seperti pertumbuhan jumlah penduduk dan perkembangan ekonomi masyarakat,sehingga perhitungannya lebih akurat.
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/2869
Appears in Collections:SP - Government Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
088510033_File1.pdfCover275.53 kBAdobe PDFView/Open
088510033_File2.pdfAbstract214.7 kBAdobe PDFView/Open
088510033_File3.pdfIntroduction477.26 kBAdobe PDFView/Open
088510033_File4.pdfChapter I460.21 kBAdobe PDFView/Open
088510033_File8.pdfReference289.49 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.