Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/3593
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorIrham, Rusyda-
dc.date.accessioned2017-11-07T04:47:29Z-
dc.date.available2017-11-07T04:47:29Z-
dc.date.issued2009-09-08-
dc.identifier.urihttp://repository.uma.ac.id/handle/123456789/3593-
dc.description.abstractPrestasi belajar merupakan suatu hasil perubahan tingkah laku seseorang yang disebabkan oleh kemauan atau usaha individu untuk dapat menggali segala kamampuan yang dimiliki oleh individu tersebut. Kemampuan memotivasi diri, mengatasi tantangan, bertahan menghadapi stress atau frustasi, mengendalikan dorongan hati, dan mendapatkan metode pembelajaran yang baik, dibutuhkan siswa dalam meningkatkan preestasi belajar di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan hubungan antara metode pembelajaran koopertaif dan motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika pada siswa. Sample penelitian ini melibatkan siswa-siswi Maddrasah Aliyah Negeri 2 Tanjung Pura yang berjumlah 109 orang yang memiliki inteligensi kategori minimal rata-rata. Penelitian ini menggunakan teknik analisis statistic dengan program SPSS versi 12 for windows yaitu teknik analisis regresi untuk mengetahui hubungan antara metode pembelajaran kooperatif dan motivasi belajar dengan prestasi belajar. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan: 1) diperoleh nilai R sebesar 0,334 (p > 0,050) hal ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang rendah antara persepsi terhadap metode pembelajaran kooperatif dan motivasi belajar dengan prestasi belajar. 2) Selanjutnya berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan diperoleh angka R squer sebesar 0,111 atau (11%). Hal ini menunjukkan bahwa persentase sumbangan variabel independent (persepsi terhadap metode pembelajaran kooperatif dan motivasi belajar) terhadap variabel dependen (prestasi belajar) sebesar 11%. Jadi dapat disimpulkan bahwa kontribusi variabel persepsi terhadap metode pembelajaran kooperatif dan motivasi belajar dengan prestasi belajar adalah sebesar 11% sedangkan sisanya 89% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian inien_US
dc.language.isoenen_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.subjectpersepsi terhadap metode pembelajaran kooperatifen_US
dc.subjectmotivasi belajaren_US
dc.subjectprestasi belajaren_US
dc.titleHubungan Antara Persepsi Terhadap Metode Pembelajaran Kooperatif dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Siswa-Siswi MAN-2 Tanjung Puraen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
048600152_File1.pdfCover366.35 kBAdobe PDFView/Open
048600152_File2.pdfAbstract244.32 kBAdobe PDFView/Open
048600152_File3.pdfIntroduction640.64 kBAdobe PDFView/Open
048600152_File4.pdfChapter I279.4 kBAdobe PDFView/Open
048600152_File8.pdfReference1.39 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.