Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/4377
Title: Pengaruh Sistem Rounding Terhadap Penjualan pada PT. Carrefour Medan Fair Medan
Authors: Gunawan, Indra
Keywords: Rounding
Issue Date: 20-Nov-2010
Publisher: Universitas Medan Area
Abstract: Suatu Perusahaan dagang dan jasa jika ingin tetap bertahan dan bersaing serta mampu mengembangkan usahanya harus lebih meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggan agar tecrptanya kepuasan dan peningkatam penjualaa di dalam menetapkan suatu pelayanan dan untuk menarik perhatian pelanggan, perusahaan ritel sering sekali menetapkan harga untuk produk yang dijualnya dengan harga yang unik (menarik) yaitu dengan nominal yang ganjil. Berawal dari penetapan harga produk tersebut mengakibatkan adanya keluhan pelanggan karena tidak adanya uang kembalian yang cocok dengan harga yang telah dibuat, hal ini berdampak buruk terhadap perusahaan karena akan hilangnya pelanggan. Sedangkan di Indonesia. untuk saat ini nilai uang terkecil yaitu uang koin dengan nilai Rp.25,- dan itu sangat sulit didapatkan oleh perusahaan ritel karena nominal tersebut sudah sangat jarang dikeluarkan oleh BI (Bank Indonesia) oleh sebab itu untuk memberikan kepuasan lebih kepada pelanggan maka PT Carrefour Indonesia membuat kebijakan dengan menerapkan Sistem Rounding (Pembulatan). Penerapan Pembulatan yang dibuat yaitu melakukan Pembulatan ke bawah bukan keatas dari total transaksi pembayaran tunai Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah sistem rounding berpengaruh terhadap penjualan pada PT Carrefour Medan fair, Medan. Data dalam penelitian ini diperoleh dari sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan studi dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang telah dikumpulkan diguoakan teknik analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan uji asumsi klasik. Berdasarkan basil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Konstanta bemilai 30711748022,845 yang artinya jika sistem rounding bertambah I% maka akan meningkatkan penjualan sebesar 30711748022,845 di PT. Carrefour Medan Fair Medan dengan taraf signiftkan 0029%. Ini menunjukkan adanya peningkatan penjualan di PT. Carrefour Medan Fair Medan. Sedangkan basil perbitungan dengan menggunakan uji t diperoleh thitung (7,954) > tl>bd (2,048) maka Ho ditolak dan H, diterima yang artinya sistem rounding berpengaruh terhadap penjualan pada PT. Carrefour Medan Fair Medan secara parsial.
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/4377
Appears in Collections:SP - Accountancy

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
068330005_file1.pdfCover171.64 kBAdobe PDFView/Open
068330005_file2.pdfAbstract293.78 kBAdobe PDFView/Open
068330005_file4.pdfChapter I332.75 kBAdobe PDFView/Open
068330005_file8.pdfReference232.47 kBAdobe PDFView/Open
068330005_file3.pdfIntroduction494.08 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.