Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/505
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSihaloho, Lisa Helmina-
dc.date.accessioned2017-07-28T10:39:22Z-
dc.date.available2017-07-28T10:39:22Z-
dc.date.issued2016-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/123456789/505-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ; Hubungan iklim sekolah dan kematangan emosi dengan Self Regulated Learning pada siswa. Hipotesis yang diajukan adalah ; Ada hubungan iklim sekolah dan kematangan emosi dengan Self Regulated Learning pada siswa. Populasi berjumlah 779 orang siswa, sampel yang diambil berjumlah 89 orang siswa. Penentuan jumlah sampel dapat dilakukan dengan cara perhitungan statistik yaitu dengan menggunakan Rumus Slovin. Data diperoleh dengan menyebarkan skala, yaitu skala Self Regulated Learning, skala iklim Sekolah dan skala Kematangan Emosional, sebelum digunakan ketiga skala diujicobakan kepada 30 orang siswa. Analisis data menggunakan tehnik analisis Regresi Berganda. Hasil penelitian menunjukkan a). Ada hubungan positif yang sangat signifikan antara iklim sekolah dan kematangan emosional dengan self regulated learning. Hal ini ditunjukan dengan koefisien Freg = 17,778; p < 0,001. Diketahui Ftabel = 3,10. Nilai Fhit > Ftabel memiliki makna bahwa iklim sekolah dan kematangan emosional memiliki hubungan yang linier dengan self regulated learning. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka hipotesis yang diajukan dinyatakan diterima. b). Diketahui iklim sekolah dan kematangan emosional memiliki sumbangan efektif secara bersama-sama terhadap self regulated learning sebesar 29,3%. Dari hasil ini diketahui bahwa masih terdapat 70,7% sumbangan dari faktor lain terhadap self regulated learning. c). Ada hubungan positif yang sangat signifikan antara iklim sekolah dengan self regulated learning pada siswa dengan koefisien korelasi rx1y = 0,481; p < 0,001, dan sumbangan efektif sebesar 23,2%. d). Ada hubungan positif yang signifikan antara kematangan emosional dengan self regulated learning, dengan koefisien korelasi rx2y = 0,223; p = 0,035; dan sumbangan efektif sebesar 5,0 %. e). Hasil lain diperoleh dari penelitian ini, yakni diketahui bahwa subjek penelitian ini para siswa SMA Negeri 1 Stabat, memiliki self regulated learning yang sangat tinggi, iklim sekolah yang sedang, dan kematangan emosional yang dimiliki sangat baik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.subjectSelf Regulated Learningen_US
dc.subjectIklim Sekolahen_US
dc.subjectKematangan Emosionalen_US
dc.titleHubungan Iklim Sekolah dan Kematangan Emosional dengan Self Regulated Learning pada Siswa Sma N 1 Stabaten_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:MT - Master of Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
1418040100_file 1.pdfCover244.05 kBAdobe PDFView/Open
1418040100_file 2.pdfAbstract103.64 kBAdobe PDFView/Open
1418040100_file 3.pdfIntroduction118.04 kBAdobe PDFView/Open
1418040100_file 4.pdfChapter I131.64 kBAdobe PDFView/Open
1418040100_file 5.pdfChapter II247.92 kBAdobe PDFView/Open
1418040100_file 6.pdfChapter III280.61 kBAdobe PDFView/Open
1418040100_file 8.pdfEnclousure825.62 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.