Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/5450
Title: Analisis Pemasaran Kunyit (Curcuma domestica, Val) Studi Kasus: Kelurahan Gurilla Kecamatan Siantar Martoba Kotamadya Pematang Siantar
Authors: Silalahi, Josua
Keywords: saluran pemasaran kunyit;curcuma domestica, val;efisiensi pemasaran kunyit;besar margin pemasaran kunyit
Issue Date: 2005
Publisher: Universitas Medan Area
Description: Penelitian dilakukan di Kelurahan Gurilla Kecamatan Siantar Martoba Kotamadya Pematang Siantar Propinsi Sumatera Utara, dengan tujuan : untuk mengetahui saluran pemasaran kunyit, Efisiensi pemasaran kunyit dan Besar margin pemasaran kunyit. Metode pengumpulan data dilakukan dengan pengumpulan data primer yaitu dengan metode wawancara dengan mempersiapkan daftar kuesioner kepada informan terkait dan pengumpulan data sekunder yaitu data yang diambil dari kantor Kelurahan Gurilla serta lembaga-lembaga terkait dengan penelitian ini. Untuk analisis data melalui pendekatan deskriptip dan analisis efisiensi pemasaran. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran sangat efisien dimana efisiensi pemasaran yaitu : 10,98% disebabkan saluran pemasaran tidak terlalu panjang dan biaya yang dikeluarkan tidak begitu besar. Margin Pedagang Pengumpul dapat terlihat yaitu sebesar Rp.1.158.750,- dengan ketentuan kunyit hanya sampai kepabrik kecamatan dalam bentuk kunyit dan yang sampai kemasyarakat dalam bentuk olahan.
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/5450
Appears in Collections:SP - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
008200040_File1.pdfCover335.06 kBAdobe PDFView/Open
008200040_File2.pdfAbstract206.68 kBAdobe PDFView/Open
008200040_File3.pdfIntroduction474.84 kBAdobe PDFView/Open
008200040_File4.pdfChapter I219.32 kBAdobe PDFView/Open
008200040_File8.pdfReference287.51 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.