Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/6065
Title: Tinjauan Yuridis Tanggung Jawab Penjual Terhadap Produknya (Studi Kasus di Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Medan Dan PT.Suryatama Mitra Perwira Cabang Medan)
Authors: Wulandari, Rati
Keywords: konsumen;masyarakat
Issue Date: 2007
Publisher: Universitas Medan Area
Abstract: Dampak negatifnya ialah, masyarakat mudah terombang-ambing saat akan menentukan pilihannya. Arus lalu lintas komoditas yang sangat cepat dengan dukungan kemajuan teknologi, terbukti justru menyulitkan masyarakat. Keberanekaragaman produk-produk yang datang dengan berbagai ragam kualitaS dan gencarnya informasi menjadi kenyataan yang tidak terelakkan setiap saat. Konsumen menjadi potential victim (korban yang potensial) di tengah proses perdagangan bebas. Kenyataan itu akan semakin terasa jika masyarakatnya, termasuk masyarakat Indonesia, belum sepenuhya siap menghadapi perkembangan tersebut. Disinilah arti pentingnya perlindungan hukum bagi konsumen. Sebelum berlakunya UU No. 8 Tahon 1999 tentang Perlindungan Konsumen, kedudukan konsuman selalu berada diposisi yang lemah. Konsumen menjadi objek aktifitas bisnis dari pelaku usaha untuk mendapat keuntungan yang sebesar - besarnya, baik dilakukan melalui produk yang tidak memenuhi standar, tidak memenuhi aspek kenyamanan. keamanan dan keselamatan konsumen maupun melalui kiat promosi atau cara penjualan serta penerapan klausula baku yang cenderung merugikan konsumen.
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/6065
Appears in Collections:SP - Civil Law

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
038400052_file1.pdfCover437.92 kBAdobe PDFView/Open
038400052_file2.pdfAbstract393.74 kBAdobe PDFView/Open
038400052_file3.pdfIntroduction612.48 kBAdobe PDFView/Open
038400052_file4.pdfChapter I424.36 kBAdobe PDFView/Open
038400052_file8.pdfReference350.98 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.