Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/850
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPutri, Elsya Derma-
dc.date.accessioned2017-08-15T12:49:41Z-
dc.date.available2017-08-15T12:49:41Z-
dc.date.issued2013-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/123456789/850-
dc.descriptionMasa SMA merupakan masa untuk siswa dalam mengerjakan setiap tugas-tugas akademik yang merupakan kewajibannya sebagai seorang pelajar. Tetapi, saat ini masih terdapat siswa SMA yang masih menunda-nunda tugas tersebut dan memilih aktivitas lain di luar kegiatan belajar. Untuk dapat mengerjakan tugas dengan baik dan hasil yang maksimal sesuai dengan ketepatan waktu maka siswa diharapkan memiliki keyakinan diri (efikasi diri), dan motivasi berprestasi guna terhindar dari penundaan tugas yang merupakan salah satu perbuatan yang tidak baik pada siswa. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan efikasi diri dan motivasi berprestasi dengan prokrastinasi siswa SMA. Hipotesis yang diajukan adalah (1) Ada hubungan efikasi diri dengan prokrastinasi siswa SMA (2) Ada hubungan motivasi berprestasi dengan prokrastinasi siswa SMA (3) Ada hubungan efikasi diri dan motivasi berprestasi dengan prokrastinasi siswa SMA. Subjek penelitian berjumlah 150 orang siswa SMA Negeri 16 Medan, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tiga skala yaitu skala efikasi diri, motivasi berprestasi, dan prokrastinasi akademik. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara efikasi diri dengan prokrastinasi siswa SMA, terdapat hubungan negatif yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan prokrastinasi siswa SMA, serta terdapat hubungan negatif yang signifikan antara efikasi diri dan motivasi berprestasi dengan prokrastinasi siswa SMA. Ini menandakan bahwa semakin rendah efikasi diri dan motivasi berprestasi maka semakin tinggi prokrastinasi. Sebaliknya semakin rendah efikasi diri dan motivasi berprestasi maka semakin tinggi prokrastinasi. Persentase sumbangan yang diberikan efikasi diri terhadap prokrastinasi sebesar 30,8% dan sumbangan yang diberikan motivasi berprestasi terhadap prokrastinasi sebesar 33%. Sumbangan efikasi diri dan motivasi berprestasi terhadap prokrastinasi sebesar 36,3%, dengan demikian masih terdapat 63,7% faktor lain yang dapat mempengaruhi prokrastinasien_US
dc.description.abstractSenior high school period is timing for students to finish every academic task and homework which is student’s resposibility. But nowadays, there is still senior high school students to delay academics tasks and prefer another activities out of study. For doing tasks well and finishing it on time, students should have self efficacy and achievement motivation to prevent academic procrastination. Therefore, this research aims to know correlation between self efficacy and achievement motivation with academic procrastination among senior high school students. The hypothesis in this research are 1) there is correlation between self efficacy with academic procrastination among senior high school students, 2) there is correlation between achievement motivation with academic procrastination among senior high school students, and 3) there is correlation between self efficacy and achievement motivation with academic procrastination among senior high school students. The subjects in this research are 150 SMA N 16 Medan students, using stratified random sampling technique. The data were collected using academic procrastination scale, self efficacy scale, and achievement motivation scale. The data were analyzed using regression analysis. The results are there is significant and negative correlation between self efficacy with academic procrastination among senior high school students, there is significant and negative correlation between achievement motivation with academic procrastination among senior high school students, there is significant and negative correlation between self efficacy and achievement motivation with academic procrastination among senior high school students (p<0,05). The contribution given by self efficacy to academic procrastination is 30,8%, the contribution given by achievement motivation to academic procrastination is 33%. The contribution given by self efficacy and achievement motivation to academic procrastination is 36,3%. This means there are other factors that influenced academic procrastination, their contribution is 63,7%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.subjectProkratinasien_US
dc.subjectEfikasi Dirien_US
dc.subjectMotivasi Berprestasien_US
dc.titleHubungan Efikasi Diri dan Motivasi Berprestasi Dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 16 Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:MT - Master of Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
111804069_file 1.pdfCover107 kBAdobe PDFView/Open
111804069_file 2.pdfAbstract83.72 kBAdobe PDFView/Open
111804069_file 3.pdfIntroduction120.69 kBAdobe PDFView/Open
111804069_file 4.pdfChapter I121.77 kBAdobe PDFView/Open
111804069_file 5.pdfChapter II203.15 kBAdobe PDFView/Open
111804069_file 6.pdfChapter III209.21 kBAdobe PDFView/Open
111804069_file 8.pdfReference351.41 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.