Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/8927
Title: Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Manajemen Terhadap Kinerja Manajer Pusat Biaya pada PT. PLN Persero Wilayah II Sumatera Utara Medan
Authors: Hutagalung, Ester Christina
metadata.dc.contributor.advisor: Tambunan, Sari Bulan
Ibrahim, Marzuki
Keywords: sistem informasi;akuntansi manajemen;kinerja manajer
Issue Date: 21-Oct-2009
Publisher: Universitas Medan Area
Description: Sistem informasi akuntansi ini dibutuhkan oleh pihak manajer dalam memperoleh informasi berupa kinerja manajemen untuk menyusun perencanaan dan mengawasi segala aktivitas usahanya. Hubungan antara sistem informasi akuntansi dengan akuntansi manajemen adalah sistem informasi akuntansi menghasilkan informasi yang diperlukan oleh akuntansi manajemen guna memberikan pertimbangan kepada manajer untuk keperluan pengambilan keputusan. Dalam akuntansi manajemen ini mencakup pusat biaya yang berhubungan dengan departemen maupun biaya tidak langsung departemen PT PLN ini merupakan perusahaan negara yang bergerak dalam penyediaan energi listrik kepada masyarakat untuk dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari. Program pembiayaan proyek-proyek tenaga listrik dibuat berdasarkan rencana waktu pelaksanaan dari masing-masing proyek bersangkutan sejak dimulainya pekerjaan jasa-jasa teknik. Perusahaan sangat membutuhkan sistem informasi akuntansi untuk mengukur tingkat biaya yang dikeluarkan dalam menghasilkan energi listrik selama satu periode tertentu. Pada umumnya penyediaan biaya berakhir dengan selesainya pembangunan fisik pada taraf mulai jalan kecuali bagi proyek-proyek tertentu, masih perlu disediakan biaya untuk masa perawatan serta bimbingan untuk operasi dan pemeliharaan. Adapun jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian deskriptif PT. PLN Persero Wilayah II Sumatera Utara merupakan perusahaan kantor pusat PLN yang berada di Kota Medaa Perusahaan ini yang menyediakan dan mengatur setiap keperluan PT PLN cabang yang berada di Sumatera Utara. Manajer perusahaan kantor pusat ini yang menyediakan keperluan kantor cabang sesuai budgetnya berupa penyediaan trafo yang akan digunakan perusahaan kantor cabang. Setiap kantor cabang akan menyajikan laporan keperluannya kemudian dikirimkan ke kantor pusat untuk disetujui permintaannya.
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/8927
Appears in Collections:SP - Accountancy

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
058330059.pdfFulltext596.41 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.