Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/1365
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPutra, Anugrah Eka-
dc.date.accessioned2017-08-31T03:14:19Z-
dc.date.available2017-08-31T03:14:19Z-
dc.date.issued2016-12-17-
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/1365-
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan harga diri dengan kecemasan mempelajari bahasa Inggris pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Medan Area. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan 100 mahasiswa sebagai subjek. Metode pengumpulan data menggunakan skala kecemasan berbahasa asing dan skala harga diri, dengan metode quota sampling. Analisis data menggunakan korelasi Product-Moment dari Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara harga diri dengan kecemasan mempelajari bahasa Inggris (r = -0,331). Artinya, semakin rendah harga diri maka semakin tinggi kecemasan begitu pula sebaliknya. Variabel harga diri memiliki sumbangan efektif sebesar 11% terhadap kecemasan mempelajari bahasa Inggris. Penemuan ini mengindikasikan bahwa harga diri merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kecemasan mahasiswa dalam mempelajari bahasa Inggris. Dalam hal ini ada 89% faktor lain yang mempengaruhi dalam penelitian ini yang tidak terlihat, diantaranya daya saing rendah, state (situasi spesifik) kecemasan atau karakteristik kepribadian, kekurangan atau ketiadaan group membership, koreksi secara eksplisit (terbuka), berbicara bahasa Inggris di depan kelas, kurangnya persiapan kelas dan pembagian giliran yang tidak seimbang. Secara keseluruhan harga diri tergolong sedang dan kecemasan mempelajari bahasa Inggris tergolong tinggien_US
dc.description.abstractThe aim of this research is to know the correlation of self-esteem and anxiety in learning English in Psychology Department students at Medan Area University. This research using quantitative method with 100 students as the subjects. Data collecting methods using foreign language anxiety scale and self-esteem scale, with quota sampling method. Data analysis using Spearmen’s Product-Moment correlation. The result shown that there is a very significant negative correlation between self-esteem and anxiety in learning English (r = -0,331). It described that the lower self-esteem then the higher anxiety in learning english and vice versa. Self-esteem variable contributed effectively 11% for anxiety in learning English. The finding indicates that self-esteem is one of the factors that influenced student’s anxiety in learning english. In this case, there are 89% factors that influenced this research which is invisible, they are competitiveness, state (situation specific) anxiety or personality characteristics, lack of group membership, explicit correction, speaking English in front of the class, little declarative (explicit) knowledge, lack of class preparation and uneven allocation of turns. Overall, self-esteem is classified average and anxiety in learning English is classified highen_US
dc.language.isootheren_US
dc.subjectEnglish Learning Anxietyen_US
dc.subjectSelf-Esteemen_US
dc.subjectStudentsen_US
dc.titleHubungan Harga Diri dengan Kecemasan Mempelajari Bahasa Inggris pada Mahasiswaen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
128600061_file1.pdfCover244.69 kBAdobe PDFView/Open
128600061_file2.pdfAbstract249.44 kBAdobe PDFView/Open
128600061_file3.pdfIntroduction284 kBAdobe PDFView/Open
128600061_file4.pdfChapter I262.86 kBAdobe PDFView/Open
128600061_file5.pdfChapter II311.37 kBAdobe PDFView/Open
128600061_file6.pdfChapter III311.51 kBAdobe PDFView/Open
128600061_file8.pdfReference1.19 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.