Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/1960
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFauziah, Kartika Nurdiana-
dc.date.accessioned2017-10-03T08:16:19Z-
dc.date.available2017-10-03T08:16:19Z-
dc.date.issued2016-10-13-
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/1960-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa terhadap kompetensi guru dengan motivasi belajar matematika pada siswa di SMP N 9 Medan. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan antara persepsi siswa terhadap kompetensi guru dengan motivasi belajar matematika pada siswa. Metode yang digunakandalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Sampel diambil dengan menggunkan teknik sampel simple random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 88 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala persepsi siswa terhadap kompetensi guru yang terdiri dari 48 butir pernyataan dan skala motivasi belajar matematika yang terdiri dari 35 butir pernyataan, keduanya disusun berdasarkan skala likert. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik statistik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan positif antara persepsi siswa terhadap kompetensi guru dengan motivasi belajar matematika pada siswa di SMP N 9 Medan. Artinya semakin positif persepsi siswa terhadap kompetensi guru maka motivasi belajar matematika siswa semakin tinggi Hal ini ditunjukan dengan koefisien Rxy =0,463 dimana p= 0,000 (p<0,05). Berdasarkan hasil ini maka hipotesis yang diajukan diterima. Adapun nilai mean hipotetik pada persepsi siswa terhadap kompetensi guru sebesar 120 dan mean empirik sebesar 153,00 sedangkan pada motivasi belajar matematika mean hipotetik sebesar 87,5 dan mean empirik sebesar 108,05. Dari hasil tersebut diketahui bahwa persepsi siswa terhadap kompetensi guru adalah positif dan motivasi belajar matematika pada siswa SMP N 9 Medan tergolong tinggi. Adapun koefisien determinan R2= 0,215 artinya persepsi siswa terhadap kompetensi guru memberikan sumbangan efektif terhadap motivasi belajar matematika pada siswa di SMP N 9 Medan sebesar 21,5 % sehingga masih ada 78,5% faktor lain yang mempengaruhi motivasi belajar matematikaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.subjectpersepsi siswaen_US
dc.subjectkompetensi guruen_US
dc.subjectmotivasi belajar matematikaen_US
dc.titleHubungan antara Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Guru dengan Motivasi Belajar Matematika pada Siswa di SMP Negeri 9 Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
128600021_file1.pdfCover76.07 kBAdobe PDFView/Open
128600021_file2.pdfAbstract43.98 kBAdobe PDFView/Open
128600021_file3.pdfIntroduction58.67 kBAdobe PDFView/Open
128600021_file4.pdfChapter I66.57 kBAdobe PDFView/Open
128600021_file5.pdfChapter II158.37 kBAdobe PDFView/Open
128600021_file6.pdfChapter III53.45 kBAdobe PDFView/Open
128600021_file8.pdfReference827.12 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.