Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/2103
Title: Hubungan Bermain game Online Terhadap Motivasi Belajar Pada Remaja di kelurahan kenangan Baru Perumnas Mandala Medan
Authors: Elfridawati, Sari
Keywords: motivasi belajar;game online
Issue Date: 2011
Publisher: Universitas medan Area
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara game online terhadap motivasi belajar pada remaja di Kelurahan Kenangan Baru P .Mandala Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah remaja Hipotesis yang diajukan adalah : Ada hubungan negatif antara game online terhadap motivasi belajar. Dengan asumsi semakin sering penggunaan game online maka semakin rendah motivasi belajar, sebaliknya semakin jarang penggunaan game online maka semakin tinggi motivasi belajar.Penelitian ini menggunakan analisis korelasi product moment, dimana teknik tersebut digunakan untuk menganalisis hubungan diantara dua variabel. Hal ini sesuai dengan judul penelitian dfo identifikasi variabelvariabelnya, dimana Analisis Korelasi Product Moment digunakan untuk menganalisis hubungan antara satu variabel bebas dan satu va1iabel terikat dengan seluruh anggota populasi dijadikan sampel dengan jumlah 40 orang. Penelitian inmenggunakan satu skala yakni motivasi belaj ar yang terdiri dari tujuh ciri-ciri aitu: tekun melaksanakan tugas, ulet menghadapi kesulitan, menunjukkan minat pada berrnacam masalah, senang beke1ja mandiri, tidak mudah bosan pada tugas rutinitas, dapat mempertahankan pendapatnya, tidak mudah melepas hal yang diyakininya, senang mencari dan memecahkan masalah. Jumlah populasi sebanyak 200 orang, dan seluruhnya dijadikan sebagai sampel sebanyak 40 orang di dalam penelitian ini. Dalam upaya membuktikan hipotesis maka digunakan kala motivasi dengan rating scale dari game online. Dan hasilnya diketahui ahwa ada hubungan negatif antara game online dengan motivasi be ajar. Hasil ini ibuktikan dengan adanya korelasi rxy= 0,941; p< 0,01. Terbukti bahwa nilai ratata motivasi belajar remaja sebesar 179,7000, sementara nilai rata-rata game online sebesar 41,7750.
URI: http://hdl.handle.net/123456789/2103
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
078600128_File1.pdfCover263.78 kBAdobe PDFView/Open
078600128_File2.pdfAbstract143.06 kBAdobe PDFView/Open
078600128_File3.pdfIntroduction582.77 kBAdobe PDFView/Open
078600128_File4.pdfChapter I224.86 kBAdobe PDFView/Open
078600128_File8.pdfReference897.8 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.