Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/2621
Title: Perbedaan Disiplin Mengajar Ditinjau dari Guru yang Sudah Sertifikasi dengan Guru yang Belum Sertifikasi di SMPN Tebing Tinggi-Sumatera Utara
Authors: Natasya, Hanna
Keywords: perbedaan disiplin;guru bersertifikasi;guru tidak bersertifikasi
Issue Date: 5-Oct-2011
Publisher: Universitas Medan Area
Abstract: Penelitian ini dilakukan berdasarkan atas kenyataan bahwa adanya guru yang memiliki disiplin mengajar rendah, hal ini bisa dipengaruhi oleh adanya sertifikasi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan disiplin mengajar ditinjau dari guru yang sudah sertifikasi dengan guru yang belum sertifikasi di SMP Negeri Tebing Tinggi- Sumatera Utara. Penelitian ini dilakukan di Kota Tebing Tinggi - Sumatera Utara, terhadap 180 responden sebagai sampel penelitian. T eknik pengambilan sampel yang digunakan adalah "Purposive", sedangkan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode yang digunakan adalah skala Beda Semantik dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,819. Pengujian penelitian ini menggunakan model Anava 2 Jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Terdapat perbedaan disiplin mengajar yang signifikan antara guru yang sudah sertifikasi dengan guru yang belum sertifikasi, dengan koefisien F sebesar 51.798 dengan p=0.000 berarti p<0.01. Dari hasil penelitian ini, maka hipotesa yang telah diajukan dinyatakan diterima. Melihat nilai rata-rata yang telah diperoleh, diketahui bahwa tingkat disiplin mengajar guru yang sudah sertifikasi lebih tinggi dibandingkan guru yang belum sertifikasi. 2) Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa guru yang sudah sertifikasi memiliki tingkat disiplin mengajar yang tinggi, hal inf dilihat dari mean hipotetik lebih rendah dari mean empirik (mean hipotetik = 66 , mean empirik = 133.97). Sedangkan guru yang belum sertifikasi memiliki tingkat disiplin mengajar yang tinggi juga, hal ini dilihat dari mean hipotetik lebih rendah dari mean empirik (mean hipotetik = 66, dan mean empirik = 115.91). Namun secara keseluruhan tingkat disiplin mengajar guru yang sudah sertifikasi lebih tinggi dibandingkan guru yang belum sertifikasi, dilihat dari jumlah mean empiriknya. 3) Secara umum dari hasil penelitian ini menggambarkan dengan adanya sertifikasi dapat meningkatkan disiplin mengajar para guru
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/2621
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
068600063_File1.pdfCover484.06 kBAdobe PDFView/Open
068600063_File2.pdfAbstract222.91 kBAdobe PDFView/Open
068600063_File3.pdfIntroduction375.68 kBAdobe PDFView/Open
068600063_File4.pdfChapter I236.85 kBAdobe PDFView/Open
068600063_File8.pdfReference776.88 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.