Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/3233
Title: Hubungan Antara Kepercayaan Diri dan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar pada Siswa-Siswi SD. Negeri 106153 Kelas VA dan VB Desa Klambir Lima Kebun Kecamatan Hamparan Perak
Authors: Meilanie, Puput
Keywords: kepercayaan diri;minat belajar;prestasi belajar
Issue Date: 21-Apr-2010
Publisher: Universitas Medan Area
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada hubungan antara tingkat kepercayaan diri yang dimiliki siswa-siswi serta minatnya dalam belajar di dalam kelas, khususnya untuk melihat usaha yang dimiliki siswa-siswi dalam meraih prestasi belajar yang baik. Sebagai populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SD. Negeri 106153 dengan jumlah populasi 90 orang. Dikarenakan jumlah populasi yang ada terbatas dan tidak sampai atau lebih dari 100 maka keseluruhan populasi dijadikan sampel penelitian. Sehingga penelitian ini disebut dengan penelitian Total Populasi. V ariabel yang digunakan dalam penelitian ini terbagi atas tiga variabel, antara lain: dua variable bebas (kepercayaan diri dan minat belajar), satu variabel terikat (prestasi belajar). Pelaksanaan penelitian dilakukan pada tanggal 01 Maret 2010 yang menggunakan metode tes berupa alat tes psikologi (CPM = Coloured Progressive Matrices) yang bertujuan untuk mengukur inteligensi sampel penelitian, metode skala yang dalam penelitian ini menggunakan skala kepercayaan diri dan skala minat belajar, serta metode dokumentasi yang berupa raport
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/3233
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
058600204_File1.pdfCover493.29 kBAdobe PDFView/Open
058600204_File2.pdfAbstract291.62 kBAdobe PDFView/Open
058600204_File3.pdfIntroduction693.63 kBAdobe PDFView/Open
058600204_File4.pdfChapter I353.24 kBAdobe PDFView/Open
058600204_File8.pdfReference1.51 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.