Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/411
Title: Analisis Pengaruh Harga dan Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Kecap ABC ( Studi Kasus Kelurahan Tanjung Selamat Medan Tuntungan)
Authors: Pinem, Didi Julfriansyah
Keywords: Harga;Kemasan;Keputusan Pembelian
Issue Date: 2015
Publisher: Universitas Medan Area
Abstract: Pentingnya mengetahui peranan harga dan kemasan terhadap keputusan pembelian kecap ABC merupakan faktor yang sangat penting yang harus di perhatikan oleh produsen, karna dengan tetap menjaga dan mempertahankan pelanggan merupakan komponen penting dalam menjaga eksistensi perusahaan. Oleh karna itu perusahaan harus lebih berinovasi terhadap kemasan dan menetapkan harga yang terjangkau agar dapat meningkatkan keputusan pembelian, tetapi seiring berjalannya waktu keputusan pembelian yang di lakukan oleh konsumen terhadap kecap ABC menurun hal ini di sebabkan oleh harga yang ditawarkan kecap ABC terlalu tinggi sehingga tidak bisa bersaing dengan produk lain yang sejenis. Selain itu kurangnya upaya perusahaan untuk melakukan inovasi pada sebuah produk, khususnya pada kemasan menyebabkan konsumen tidak tertarik untuk membeli produk yang di hasilkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah harga dan kemasan berpenggaruh terhadap keputusan pembelian kecap ABC di Kelurahan Tanjung Selamat Medan Tuntungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif, yaitu jenis penelitian yang menghubungkan dua variabel atau lebih. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 11.717 orang, dengan menggunakan rumus slovin maka sampel yang di jadikan responden berjumlahh 100 orang. Dari persamaan regresi menunjukan bahwa nilai koefisien regresi variabel harga (X1) dan kemasan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian (Y), hal ini dapat di lihat dari hasil nilai regresi variabel harga (X1) = 0,271 dan kemasan (X2) = 0,519 yang berpengaruh positif dengan tingkat signifikan 0,000<0,005. Nilai Fhitung (46,302 )> Ftabel (3,09) dengan sig 0,000 < α0,05, menunjukan Ho ditolak dan Ha diterima, nilai t hitung variabel harga (4,686) >t tabel (1,660 ) dengan tingkat signifikan 0,000 <0,05. Dan nilai t hitung variabel kemasan (6,395)> t tabel (1,660) dengan tingkat signifikan0,000 <0,05. Berdasarkan hasil tersebut maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dan besarnnya persentasi variabel kemasan dan harga terhadap keputusan pembelian berdasarkan uji determinasi adalah sebesar 67,8%, dan sisanya 32,2% di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini.
URI: http://hdl.handle.net/123456789/411
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
108320123_file1.pdfCover78.72 kBAdobe PDFView/Open
108320123_file2.pdfAbstract163.59 kBAdobe PDFView/Open
108320123_file3.pdfIntroduction173.18 kBAdobe PDFView/Open
108320123_file4.pdfChapter I174.65 kBAdobe PDFView/Open
108320123_file5.pdfChapter II202.08 kBAdobe PDFView/Open
108320123_file6.pdfChapter III258.65 kBAdobe PDFView/Open
108320123_file8.pdfEnclousure343.91 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.